loading...

ANEKA PENGOBATAN PENYAKIT DARI DAUN SALAM






Dari beberapa hasil study yang telah dilakukan untuk meneliti kandungan dari daun salam ditemukan beberapa zat yang diyakni mampu memberikan dampak positif bagi tubuh kita, bahkan bagi beberapa orang yang mengidap penyakit tertentu bisa digunakan sebagai salah satu obat tradisional.

Daun yang merupakan salah satu ciri khas bagi masakan khas nusantara ini turut menyimpan segudang khasiat dan manfaat yang mungkin belum banyak orang mengetahuinya salah satunya sebagai obat untuk asam urat.

Ya daun salam memang terbukti memiliki kandungan seperti minyak esensial yang mengandung eugenol dan metil kavitol serta astirin yang sangat berguna untuk mengusir pegal maupun keram yang sering menyerang tubuh kita. Bahkan konon beberapa kandungan lainnya juga mampu mengatasi beberapa penyakit diantaranya.

Beberapa kandungan seperti ekstrak etanol memang sangat bagus untuk memelihara kulit sebagai anti jamu maupun bakteri yang sering menyerang kulit, terlebih kandungan metanol yang juga terdapat di daun salam berguna sebagai salah satu zat anti cacing selain membuat citarasa makanan menjadi lebih meresap.

Mampu Mengobati Kencing Manis

Salah satu kemampuan handal yang dimilliki daun salam yakni mampu mengobat penyakit kencing manis bahkan yang sudah akut sekalipun. Hal ini memang terlihat dari beberapa zat yang terkandung didalam daun salam. Cara pengolahannyapun juga tergolong sederhana yakni dengan merebus 7 – 15 daun dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja. Saring dan tunggu sampai dingin kemudian minum sekaligus sebelum makan. Lakukan dua kali dalam sehari supaya khasiat daun salam diserap oleh tubuh.
Mampu Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Sudah taukan anda jika manfaat daun salam juga turut mampu menurunkan kadar kolesterol? Nah bagi anda yang mungkin memiliki tingkat kolesterol tinggi mungkin anda perlu mencoba daun salam sebagai salah satu alternatifnya dengan cara, sediakan 10 – 15 lembar daun yang masih segar, cuci sebentar kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja. Setelah dingin lalu saring air rebusan daun salam tersebut dan minum sekaligus di malam hari. Lakukan secara teratur agar kolesterol maupun diabetes cepat sembuh.

Mampu Mengobati Maag

Untuk anda yang menderita maag, manfaat daun salam dapat menjadi obat alami penyakit tersebut. Cuci bersih 15 – 20 lembar daun segar. Rebus dengan ½ liter air sampai mendidih selama 15 menit. Tambahkan gula enau (aren) secukupnya. Setelah air rebusan dingin, minum airnya sebagai teh herbal. Lakukan setiap hari sampai rasa perih dan penuh di lambung hilang.

Mampu Mengobati Asam Urat

Keringkan 10 lembar daun salam kemudian rebus bersama 10 gelas air. Tunggu hingga tersisa 7 gelas lalu minum setelah dingin. Lakukan teratur setiap hari agar penyakit asam urat anda cepat sembuh.

Mampu Mengobati Diare

Selain menggunakan buah jambu biji yang masih muda, daun salam juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit diare. Sediakan 15 lembar daun salam segar. Rebus dalam dua gelas air sampai mendidih. Tambahkan sedikit garam dan tunggu sampai dingin. Minum air tersebut sekaligus agar diare cepat sembuh.

Mampu Menurunkan Tekanan Darah

Sediakan 7 – 10 lembar daun yang masih segar, rebus bersama 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring kemudian minum sehari 2 kali masing-masing setengah gelas.
================================
loading...
>


artikel berikutnya



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog