loading...

CARA MENANAM BUAH NAGA DI POT

CARA MENANAM BUAH NAGA DI POT

jika anda ingin menikmati buah naga secara gratis, atau menanmnya dalam jumlah yang kecil. Itu mudah saja… anda bisa saja menanamnya dipot. Selain anda bisa menikmati buahnya, buah naga ini juga akan menghiasi rumah nada. Kelebihan yang lain adalah tanaman ini bisa anda pindah-pindah sesuai keinginan anda..



Anda bisa menggunakan berbagai jenis pot dari bahan semen, plastic, tanah liat atau drum bekas yang dipotong. Tetapi menurut pengalaman, pot dari bahan tanah liat adalah yang paling ideal karena tanaman buah naga membutuhkan perubahan suhu yang drastic dari siang ke malam dalam proses pembungaan. Ukuran pot yang digunakan semakin besar semakin baik, minimal berdiameter sekitar 40cm.

2. Menyiapkan Tiang Panjatan
Tanaman buah naga membutuhkan tiang panjatan untuk menopang supaya tidak roboh. Nantinya tiang ini akan dililit akar udara dan akan menopang beberapa cabang produksi yang berat yang tentu saja perlu dipilih dari bahan yang kuat tetapi juga perlu diperhatikan jangan sampai pot tidak bisa menahan beban berat tiang panjatan.

Sebaiknya tiang panjatan dibuat dari besi beton berdiameter 8-10 cm, atau balok kayu yang kuat dan tahan lama karena usia buah naga yang bisa mencapai puluhan tahun. Tinggi tiang antara 150-200 cm disesuaikan dengan besar pot. Pada bagian bawah tiang diberi kaki-kaki penguat agar nantinya bisa kuat dan tidak mudah goyah. Untuk tiang dari besi beton, bagian yang terpendam dalam tanah bisa diberi aspal untuk menghindari karat. Untuk bagian atas tiang diberi piringan yang berbentuk seperti stir mobil yang berfungsi untuk menyangga cabang-cabang produksi yang banyak.
ilustrasi CARA MENANAM BUAH NAGA DI POT
Setelah pot dan tiang panjatan sudah selesai disiapkan, selanjutnya adalah menyiapkan media tanam. Bahan-bahannya adalah pasir, tanah, pupuk kandang dan kompos dengan perbandingan 2:1:3:1. Anda juga bisa menambahkan bubuk batu bata merah secukupnya dan dolomit (kapur pertanian) sebanyak 100 g dicampur rata dengan bahan-bahan tersebut. Kemudian media tanam disiram dengan air hingga kondisi jenuh dan dibiarkan selama sehari semalam.

Bibit sebaiknya dipilih yang besar, dari batang tua yang berwarna hijau tua keabuan dan bebas dari penyakit. Idealnya panjang bibit yang ditanam minimal 30 cm. Selanjutnya bibit ditanam disekitar tiang panjatan dengan kedalaman 10 cm, jangan terlalu dalam karena akan mengakibatkan pertumbuhan yang kurang bagus. Setelah ditanam media tanam ditekan-tekan agar bibit tidak mudah roboh. Selanjutnya media tanam disiram dengan air dan diletakkan ditempat terbuka tidak ternaungi yang terkena sinar matahari langsung.

Pemeliharaan tanaman buah naga yang ditanam di pot tidak jauh beda dengan buah naga yang ditanam dikebun yaitu meliputi pemupukan, penyiraman dan pemangkasan cabang yang tidak diperlukan ( untuk lebih lengkapnya bisa dibaca di http://www.buahnaga.us ) .Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah tanaman dipastikan menempel dengan baik pada tiang panjatan dan tidak roboh, oleh karena itu perlu dilakukan pengikatan batang buah naga pada tiang dengan menggunakan tali atau kawat dengan bentuk ikatan seperti angka ‘8’ tidak boleh terlalu kencang karena bisa merusak batang atau cabang seiring pertumbuhannya yang semakin membesar.
ilustrasi CARA MENANAM BUAH NAGA DI POT

loading...

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

68 Responses to "CARA MENANAM BUAH NAGA DI POT"

  1. baru tau tanam di pot bisa berbuah....say coba deh ...

    BalasHapus
  2. buah naga yang ditanam di pot dengan yang di tanam langsung di tanah, buahnya enak mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung mana yang didapatkan secara gratis dan cpt adalah yang paling enak...

      Hapus
  3. duh cntik buanget buah naganya,,,,jdi pengen cba nanam nech.........

    BalasHapus
  4. ku punya tanaman buah naga yg d tanam d pot plastik tpi ga bisa berbuah cuma berbunga aja tiap taunya. Apa kesalahan dlm cara penanamanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanamannya jantan gk, kata istriku gitu sih, soalnya kalo pohon sawit jantan dia berbuah juga walaupun kecil kecil, itu juga kata istriku

      Hapus
    2. Bdain jntan sm yg betina gmn gan

      Hapus
    3. Mungkin dia pohon buah naga yang setengn jntan setengn betin gan...itu juga berpengaruh soalnya

      Hapus
  5. boleh juga nih, terimaskih gan infonya...

    BalasHapus
  6. Pantas dicoba tipsnya
    www.krisnajati9.blogspot.com

    BalasHapus
  7. Wah...bagus banget sangat menarik gan,,,terima kasih

    BalasHapus
  8. Gambar pohon naga dengan cara penanamannya dalam pot yang dijelaskan tidak sama. Pohon naga yang ada dalam pot itu diambil dan ditanam dari cabang pohon naga yang sedang berbuah, sekedar untuk hiasan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali bos..gambar ini cuma penipuan...

      Hapus
  9. Berapa lama waktu yang dibutuhkan hingga berbuah?

    BalasHapus
  10. info yang menarik... baca juga tips dari MEDIATANIoCOM biar lebih mantap

    BalasHapus
  11. Naga yang ada di Sepang tidak best. RM10 = 6 biji. Awal-awal try, kecewa. Saya mahu keratan nya 2 @ 4 keratan untuk saya cuba tanam. Tanah semaian? Give your account number, I buy it from you. WhatsApp me 0197743707

    BalasHapus
  12. Butuh berapalama agar buanya tumbuh??
    apa ciri2 buah naga dengan kualitas terbaik???

    Makasih :)

    BalasHapus
  13. terimakasih gan infonya... i like it

    WWW.KOST-JOGJA.COM

    BalasHapus
  14. salam kenal,
    mari kita budidayakan buah naga ini, buah yang berpotensi untuk meningkatkan perekonomian. Untung pun besar, jika dibudidayakan dengan serius...
    omzet bisa puluhan juga rupiah lho....
    bibit tanaman buah (bibit jeruk,kelengkeng,durian dll)

    BalasHapus
  15. trims buat triknya, ,
    tapi ini usia berapa bulan sampai buahnya bisa di nikmati?

    BalasHapus
  16. Mksh bgt info nya.....iya ak jg punya pohon naga skrng ini lg berbuah / berbunga byk tp knp rontok trs nga pernah jd buah

    BalasHapus
  17. dapet gambarnya dari oogle hahaha

    BalasHapus
  18. itu yg digambar, kok bisa pendek gitu pohonnya? pemangkasan dan pemupukannya gimana tuh?

    BalasHapus
  19. Saya baca kelihatannya apa yg sdr tulis tidak sesuai foto yg tersaji,misal ditulis tiang besi beton yg 2meter tapi kelihatan stek batang yg sdh berbuah ditancepin begitu saja.betul?

    BalasHapus
  20. Boleh jg nih klo bs tanam sndr dirumah.. Baru tau pohonnya kecil tp buahnya bs gede gtu ya :)

    BalasHapus
  21. Klo beli jadi tinggal taruh saja, lokasi surabaya, ada/tdk ya???

    BalasHapus
  22. Tengkyuuh...
    http://www.twitter.com/petanimerdesa

    BalasHapus
  23. Aq jg gk yakin tuh dgn gambarnya krn aq jg mnanam pohon buah naga n brbuah nya gk kyk gt,itu bs aja diambil dr pohon yg uda brbuah trus dpotong n ditanam dlm pot buat hiasan aja.

    BalasHapus
  24. bibitx bs diperoleh dr mana? dsini gak ada. raja 4 papua

    BalasHapus
  25. wah jadi bisa punya buah naga di rumah nih,..
    makasih tipsnya saya coba yah,..

    BalasHapus
  26. Itu keliatan banget pohon buah naga yg udh berbuadipindahin ke pot, sampd kiamat jg ga bakalan berbuah

    BalasHapus
  27. gambar dengan isi petunjuk nggak sama. digambar tinggi 30cm dah berbuah, di petunjuk 30 masih bibit, wah wah wah, tertipu dg gambar saya

    BalasHapus
  28. Terasa unik dan menarik, tidak memakan tempat. Apalagi jumlah buahnya tetap lebat walau ditanam dalam pot, luar biasa. Bikin ngiler...

    BalasHapus
  29. Kalau tanam di pot berapa lama yg mau berbuah

    BalasHapus
  30. Kalau di tanam di pot berapa lama yg mau berbuah

    BalasHapus
  31. selain diambil buahnya, cara ini juga semakin mempercantik penampilan taman. jangan lupa pilih bibit yang berkualitas agar hasilnya optimal.

    Jual Bibit Tanaman Buah, Bunga, dan Sayur
    Telp. 0852 9208 8944
    WA. 0856 4307 7157
    BB. 5AB27D52
    www.bibittanamansuper.com

    BalasHapus
  32. Mau tanya, dirumah saya ada pohon naga nempel ditembok luar rumah, tapi pas sudah berbunga gitu kok langsung layu ya enggak mbentuk buah, solusinya gmna?

    BalasHapus
  33. Mau tanya, dirumah saya ada pohon naga nempel ditembok luar rumah, tapi pas sudah berbunga gitu kok langsung layu ya enggak mbentuk buah, solusinya gmna?

    BalasHapus
  34. Mau tanya, dirumah saya ada pohon naga nempel ditembok luar rumah, tapi pas sudah berbunga gitu kok langsung layu ya enggak mbentuk buah, solusinya gmna?

    BalasHapus
  35. Aq punya 2 pohon naga ditanam didalam pot plastik.dengan media campuran tanah,pupuk kandang ,(kotoran kambing) sedikit pasir.pohon naga tsb tumbuh subur...tapi kenapa sudah hampir satu tahun kok belum juga berbuah ? Apakah salah dalam medianya ?

    BalasHapus
  36. Satu lagi yang sangat saya suka dari buah naga adalah khasiat Anti Aging. Disamping itu kandungan antioksidan-nya yang tinggi guna menangkal radikal bebas.
    Trims buat admin yang sudah sharing informasi yang bermanfaat ini

    BalasHapus
  37. Aqu pingin cuba gan tapi sinaga nanti tak tanam istrinya marah pulak ,,syur kali bah...

    BalasHapus
  38. Sebagai pembuktian pohon naganya atau tidak, sy akan coba dulu deh..smoga berhasil.

    BalasHapus
  39. Utk daerah pesisir yg tanahnya merah cocok gak ya?

    BalasHapus
  40. Diterapkan tidak bisa berbunga dan berbuah. Menjalar terus sampai berMeter meter. Apa ada bibit khusus?

    BalasHapus
  41. Buah naga saya kok banyak akar2x,g berbunga dan berbuah.yang ad tumbuh batangnya bermeter2 trus......ap salh penanamannya gan?

    BalasHapus
  42. Buah naga saya kok banyak akar2x,g berbunga dan berbuah.yang ad tumbuh batangnya bermeter2 trus......ap salh penanamannya gan?

    BalasHapus
  43. terimakasih sudah membantu cara menanam buah naga

    BalasHapus
  44. Salam kenal pak, artikel yang bermanfaat.

    BalasHapus
  45. kunjungi info kemenangan dan keberuntungan di pokerayam.co
    banyak sekali member menjadi kaya dengan cepat
    hanya mengeluarkan 10 ribu dapat hadiah hingga jutaan rupiah
    tunggu apalagi kawankuu, segera bergabung !!!
    Bisa juga hubungi , info :
    BBM : D8E5205A

    BalasHapus

mgid.com, 5531410, DIRECT mgid.com, 5617844, DIRECT mgid.com, 5617845, DIRECT