loading...

PANDUAN PEMBIBITAN POHON JATI



PANDUAN PEMBIBITAN POHON JATI
Bukan rahasia lagi jika pohon jati ini di sebut pohon kayu yang memiliki kualitas kayu nomor satu di antara pohon kayu yang lainnya. Pohon jati ini, memiliki batang kayu yang berjenis keras dan karakter ini sangat cocok untuk di gunakan sebagai bahan baku mebel dan bangunan. Karena kualitas dari kayu pohon jati ini pastinya harganya juga jauh lebih mahal dari pohon kayu lainnya.

Banyak orang yang memanfaatkan peluang ini. apalagi jika anda memiliki lahan yang cukup luas dan kondisi tanah juga tidak terlalu subur. Apa anda juga tertarik untuk membudidayakan pohon jati ini? jika iya, simak sleengkapnya di bawah ini.

Cara Budidaya Pembibitan Pohon Jati

Untuk mendapatkan pohon jati yang baik dan sesuai dengan harapan anda. sebaiknya dalan memilih bibit yang baik dengan ciri- ciri warna kulit sudah menguning dan kering, bentuknya bulat dan besar, padat, tidak mengkerut atau cacat fisik. Dan pada tahap pembibitan ini gunakanlah benih dari bunga jati yang kering di pohon dan jatuh di sekitar pohon jati tersebut. Kemudian rendam di dlam air selama 3- 4 jam sebelum disemai. Lalu semaikan pada media dengan campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1 kemudian masukkan media pada polybag. Tanam kan benih sedalam 5cm ke dalam media dan timbunlah dengan media lagi. Setelah 47 hari akan tumbuh bibit yang masih kecil.

Dan lakukanlah penyiraman pada bibit yang sudah di semai dengan cara hati- hati dan teratur siramlah setiap pagi dan sore hari, asalkan jangan terlalu banyak agar tidak busuk. Dan letakkan lah pada tempat yang terhindar dari hujan dan panas matahari secara langsung. Jangan lupa lakukan pemupukan dengan pupuk buatan urea setiap sebulan sekali. Dan segeralah lakukan penyulaman jika ada bibit yang mati. Setelah bibit berumur 5 bulan, bibit sudah siap untuk di tanam di lahan yang luas.

Setelah pohon berumur 12- 15 tahun pohon jati siap untuk di panen. Tetapi untuk pemanenannya sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan. Karena jika anda ingin mendapat untuk bahan bangunan yang baik, pohon ajti yang siap yaitu sat berumur 20 tahun.
loading...
>


artikel berikutnya



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog