loading...

VARIETAS MANGGA MADU



Jenis varietas buah mangga yang ditanam di indonesia cukup beragam, dari yang kualitas lokal maupun varietas imporan banyak di jumpai di Indonesia ini. 

Varietas buah mangga yang beraneka ragam tersebut sebenarnya bisa memunculkan jenis varietas mangga baru jika dikembangkan lebih lanjut, misalnya dengan dikawinkan silang antara varietas mangga satu dengan varietas mangga yang lain. 

Beberapa jenis varietas mangga yang beredar di pasaran antara lain 


Untuk mengenal satu persatu tentang varietas mangga tersebut diatas, kali ini tipspetani akan share tentang  : 




Madu selalu identik dengan rasa manis alami dan menyehatkan. Madu dihasilkan dari sari-sari tumbuhan yang diserap oleh lebah dan dikumpulkan di remah-remahnya. Rasa madu memang segar alami dan sedikit asam. Tahukah Anda bahwa selain manis madu, terdapat juga beberapa buah yang memiliki rasa manis yang hampir serupa dengan madu? Salah satu buah super tersebut berasal dari varites mangga. Pada dasarnya agak susah menentukan jenis mangga madu sebab biasanya penikmat mangga akan menamai mangga favorit mereka dengan nama madu berdasarkan rasa yang mereka cicipi. Misalnya saja mangga chokanan yang berasal dari Thailand ini sering juga dikenal dengan nama mangga madu sebab rasanya memang manis segar. Di sisi lain tak jarang pula yang menamai mangga apel juga godong gincu sebagai mangga madu sebab rasa mereka juga manis. Meski demikian, sebagai penikmat mangga sejati, Anda harus mengenal juga salah satu mangga yang memang diberi nama mangga madu, tepatnya mangga madu afrika. Bagaimana rasa buah mangga yang satu ini?

Kabarnya, mangga madu afrika atau yang secara internasional dikenal dengan nama Tommy Atkins Mango ini memiliki cita rasa manis yang sudah terasa betul meski mangga mungil ini masih mentah alias belum matang sempurna. Mangga madu Afrika ini berasal dari Afrika selatan dan memang populer di pasaran mancanegara. Meski diklai berasal dari Afrika, namun secara botani, mangga ini juga sangat banyak dijumpai tumbuh secara liar di wilayah Hawaii dan juga Florida. Mangga ini digemari memang karena rasanya yang khas madu, di Inggris dan Amerika Serikat, kabarnya sebanyak 80% seluruh buah mangga yang beredar di pasaran adalah jenis Tommy Atkins Mango atau si mangga madu afrika ini. Kalau di Indonesia, keberadaanya masih terbatas dan hanya bisa dijumpai pada tokoh buah tertentu.

Meski demikian, kini mulai banyak yang melirik budidaya mangga madu afrika ini. Mungkin karena peluang pasarnya yang memang menjanjikan. Tanaman mangga madu ini digolongkan ke dalam jenis mangga yang tumbuh subru di daerah dataran rendah. Adapun jenis tanah yang paling ideal ditanami dengan mangga madu afrika adalah tanah yang gembur, pH antara 5 sampai 5,6, kaya akan zat nitrogen serta memiliki sistem drainase yang baik tentunya.

Buah manis nan segar ini juga cocok ditanam dengan sistem tabulampot atau tanaman buah dalam pot. Bibitnya biasanya diperoleh dengan sistem okulasi dan di beberapa toko tanaman dijual dengan harga yang cukup fantastis untuk ukuran bibit, yakni Rp.150.000 sampai Rp.250.000. Untuk mangga madu dengan cita rasa terbaik sedunia, rasanya jumlah harga yang dibayarkan per bibit tersebut cukup sepadan.
loading...
>


artikel berikutnya



1 comments:

Heri Purnomo mengatakan...

nice share gan, kerennnn infonya

mantap....

habbatusauda propolis

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog