loading...

CARA MEMBUAT SELAI KACANG




Kacang tanah atau peanut merupakan jenis polong-polongan yang tingkat konsumsinya terbanyak kedua setelah kedelai. Kacang nikmat dengan wewangian khas ini memang gurih dan menyehatkan. Tidak heran jika kemudian banyak orang yang menggemarinya. 

Tak hanya di Indonesia bahkan di seluruh belahan dunia. Khusus di Indonesia, kacang tanah sangat populer dijadikan camilan khas dan juga dijadikan sejenis saus untuk kuliner semacam gado-gado dan lotek. Tak jarang pula ia dijadikan taburan kuliner penutup seperti pudding, es pisang ijo dari Makassar dan juga es campur.

Bagaimana dengan Negara lain? Konsumsi kacang tanah mereka juga tinggi. Jika di Indonesia, kita mengenal saus kacang, maka di Negara Eropa juga Amerika, masyarakatnya sangat menggemari produk olahan berupa selai kacang. Rasanya memang nikmat! Pernah mencoba? Selai ini bisa ditemukan dengan mudah di supermarket. Jika Anda seseorang yang suka bereksperimen di dapur, berikut kami sajikan cara membuat selai kacang yang praktis dan mudah.

Siapkan Bahan-bahan Yang Diperlukan

Adapun bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan selai kacang tanah adalah sebagai berikut:

  • Kacang tanah yang telah dikupas sebanyak 250 gram. Sangrai sampai matang.
  • Susu cair sebanyak 1300 mililiter.
  • Margarine atau mentega sebanyak 150 gram.
  • Garam halus sebanyak 1/3 sendok teh. 
 
Adapun cara membuat selai kacang tanah sebagai berikut:



Setelah kacang tanah selesai disangrai, masukkan ke dalam blender dan haluskan sampai benar-benar menjadi pasta. Setelah itu, pasta kacang tersebut dimasak bersama susu sambil terus diaduk hingga benar-benar kental. Selanjutnya angkat dan simpan di wadah. Tunggu hingga dingin. Langkah selanjutnya adalah dengan memasukkan pasta kacang tadi ke dalam food processor sambil dicampur dengan margarine atau mentega bersama gula pasir dan garam. Proses pasta kacang tersebut hingga semua bahan tercampur sempurna. Selanjutnya masak dalam satu wadah hingga kadar airnya berangsur-angsur berkurang. Setelah adonan tersebut tidak lagi melekat di wajan, saatnya Anda mengangkat pasta kacang sebab ia telah siap disajikan sebagai selai kacang nikmat untuk keluarga.

Mencermati cara membuat selai kacang tanah yang cukup mudah, rasanya tak ada salahnya jika para ibu dirumah beralih untuk membuat selai sendiri setiap waktu. Meski selai kacang instan lebih praktis tinggal beli, tetapi kadar gula juga lemaknya susah ditakar. Selain itu, higienitas juga belum terjamin. Dengan membuat sendiri selai kacang Anda, tentu kedua permasalahan tersebut bisa diatasi. Selai kacang ini sangat aman bagi balita hingga dewasa. Manfaat sehatnya akan terasa jika Anda rutin mengkonsumsinya setiap hari. Jika Anda tak sempat membuat selai kacang sendiri, sebaiknya pilih jenis selai kacang “spread nut” sebab kandungan lemak juga gulanya jauh lebih rendah daripada jenis selai kacang lainnya.
loading...
>


artikel berikutnya



0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog