loading...

3 FAKTOR AGAR PLECI TAMPIL MAKSIMAL



Hal yang biasa dilakukan oleh Pleci Mania adalah menggantung pleci mereka dengan pleci lain dengan harapan : 

  • Burungnya akan main (tampil) begitu ditempatkan dengan burung pleci lainnya.
  • Burungnya bisa terlatih atau belajar dengan melihat/mendengar pleci lain nya.
  • Burungnya akan tergoda atau terprovokasi/tertantang sehingga pleci tersebut akan mencapai Top Formnya.

Itu adalah hal yang lazim dalam perawatan pleci, tetapi kalau memang memelihara pleci tersebut tujuannya adalah untuk sekedar mendengarkan kicauannya saja dan memperhatikan tingkah laku mereka sewaktu berkumpul dengan sesamanya, maka sebenarnya kegiatan tersebut tidaklah begitu dibutuhkan.

Menurut pandangan saya pribadi, ada beberapa faktor yang turut memperngaruhi seekor pleci tampil maksimal diluar dari kegiatan diatas adalah :

KEBERSIHAN KANDANG


Burung akan lebih cepat meningkat kadar testosteronenya apabila didukung dengan kandang yang bersih dengan lingkungan yang ramah terhadap burung, dalam hal ini lingkungan yang tanpa polusi suara dan polusi udara. Kebersihan kandang juga menjadi sebuah hal yang tidak bisa dipisahkan dari kegacoran seekor burung, khususnya burung pesolek seperti burung-burung kicauan sejenis Pleci, Muray batu, Kacer dan Anis kemang atau anis merah. selain membuat udara didalam kandang lebih segar, kebersihan kandang juga mampu mencegah berbagai penyakit dan infeksi bakteri yang bisa mengganggu performa burung didalamnya seperti tungau penyebab kulit gatal / infeksi dan tungau kantung udara ( Air Sac Mites). Menjaga kebersihan kandang bisa dilakukan sewaku burung sedang dilatih dalam kandang umbaran atau sedang dimandikan dalam kandang karamba. Cara membersihkannya pun bervariasi bisa menggunakan sabun disinfektan atau obat disinfektan khusus seperti FreshAves, yang sangat bermanfaat untuk membunuh dan mencegah bakteri / virus menghampiri kandang.

MAKANAN
Makanan utama pleci adalah nektar

Makanan merupakan salah satu hal yang tidak bisa dilepaskan dari kesehariannya, dan wajib di perhatikan karena selama ini kicau mania masih beranggapan bahwa pleci adalah pemakan buah-buahan dan serangga, Pleci merupakan burung pemakan nektar, makanan utama mereka adalah nektar atau madu sari bunga. dengan hanya memberikan makanan kering ( voer ) dan buah-buahan saja tiap hari tidak mendukung pleci untuk mencapai top formnya, itulah kenapa pleci selalu ngeriwik saja setelah dipelihara cukup lama karena makanan yang diberikan kurang sesuai dengan kebutuhan untuk top formnya. 

Pemberian pakan yang sesuai dan tepat untuk pleci adalah sebagai berikut: - satu wadah / cepuk berisi air minum- satu wadah / cepuk berisi makanan kering (voer) - satu wadah / cepuk berisi nektar.- satu wadah / cepuk berisi kroto/serangga/eggfood- satu gantungan untuk buah.

Mungkin itulah kenapa kalau kita perhatikan sangkar pleci di beberapa negara banyak berisi 4 cepuk khusus makanan dibanding dengan sangkar di tempat kita yang rata-rata berisi 2 cepuk makanan dan satu gantungan buah-buahan, itulah juga sebabnya kenapa pleci tidak pernah bisa tampil maksimal dan hanya ngeriwik saja, karena meskipun makanan kering, serangga dan buah-buahan tersedia setiap harinya, tetapi tetap mereka kekurangan nutrisi yang didapatkan dari nektar tersebut. kalau dibanyak negara kita bisa mendapatkan nektar kering untuk burung dengan mudah, akan tetapi disini kita mungkin harus membuat sendiri nektar tersebut, bagaimana membuat nektar yang baik akan kita ulas bagaimana caranya disini dalam kesempatan berikutnya.

Makanan kering atau voer yang lengkap dengan kandungan yang dimilikinya serta komposisi kandungan yang tinggi tentu akan membuat burung selalu dalam kondisi Fit, pleci yang salah atau tidak cocok dengan pemberian makanan kering ini akan langsung terlihat dari bentuk kotorannya, dimana kotoran tersebut akan berwarna hijau encer dan cenderung berbau hal tersebut menandakan bahwa pleci mengalami diarhea akibat pakan kering yang tidak tepat. jadi jika terjadi segeralah ganti pakan kering/voer yang digunakan.

Selama ini kebanyakan kicau mania masih terpaku pada pemberian pisang sebagai makanan tambahan sehari-harinya, padahal kita tahu pemberian pisang yang berlebihan untuk burung bisa memicu obesitas atau kegemukan dan berakibat pada burung yang menjadi tidak aktif dan malas berbunyi, buah-buahan yang sesuai adalah buah yang memiliki kandungan gula dan air yang banyak ( rasa manis ) misalnya pepaya, jeruk, apel, dsb

Meski termasuk pemakan serangga, tetapi tidak semua jenis serangga disukai oleh pleci, hanya beberapa jenis serangga yang paling disukainya diantaranya : berbagai jenis ulat, lalat, larva, semut, laba-laba dan bilatung buah-buahan.

MANDI
Mandi merupakan salah satu kebutuhan penting dari pleci

Mandi merupakan salah satu unsur paling penting bagi pleci agar cepat meraih top performanya, mandi setiap hari bahkan bisa lebih dari satu kali sehari bisa membuat pleci lebih terlihat percaya diri dengan bulu-bulunya yang berkilau dan bersih, selain itu dengan bulu yang bersih dan terlihat berkilauan juga menjadi penentu dalam mencari jodoh di habitatnya, oleh karena itulah kenapa banyak burung kicauan yang gemar bersolek diri. harap diperhatikan saja bahwa bulu merupakan barang berharga milik mereka yang akan selalu mereka jaga kebersihannya untuk menarik pasangannya. 

Kalau anda melihat pleci di habitatnya pasti sering melihat pleci dengan bulu yang kusam / kotor sangat jarang mendapatkan jodohnya (pasangannya) dan lebih cenderung diusir oleh burung jantan lain yang memiliki bulu yang berkilauan, selain itu juga dengan bulu yang kotor apalagi terlihat kusam, membuat pleci lebih sering menghabiskan waktunya dengan didis atau membersihkan bulunya , oleh karena itulah pemberian mandi harus segera diberikan jika ingin pleci anda segera berbunyi dan tampil maksimal. selain itu bulu yang kusam atau kotor cenderung berpotensi membuat bulu cepat rusak yang pada akhirnya membuat pleci mabung sebelum waktunya. Intinya adalah semakin sering anda memandikan pleci semakin cepat pleci anda mengalami kondisi top formnya.

Itulah beberapa faktor yang memungkinan burung pleci anda akan cepat dalam kondisi top formnya, dalam hal ini tidak ada salahnya emang kalau anda sering membawa pleci anda jalan-jalan untuk ditemukan dengan pleci lainnya, selain cepat membuat burung menjadi lebih jinak juga hal tersebut bisa menjadi ajang pelatihan bagi pleci dalam meniru suara maupun gaya pleci lain disekitarnya, namun hal tersebut akan menjadi tidak menghasilkan apa-apa jika ke tiga kondisi diatas tidak diertimbangkan dengan baik, jadi dengan kata lain, semuanya saling berhubungan. Membawa pleci jalan-jalan didukung dengan kebersihan sangkar, pemberian pakan yang tepat serta kebersihan tubuhnya tentu akan membuat pleci anda menjadi tampil lebih optimal dan dalam kondisi tersebut lebih cepat kedalam kondisi top form. ref : omkicau.com

semoga bermanfaat
loading...
>
Loading...


artikel berikutnya



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Loading...
Loading...
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog