loading...

Bawang Putih Mampu Membersihkan Plak Di Pembuluh Darah

Bawang Putih Mampu Membersihkan Plak Di Pembuluh Darah

Bawang putih lebih dikenal untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Peneliti menemukan mengonsumsi bawang putih bisa berfungsi membersihkan arteri atau pembuluh darah.

Bawang putih bisa memperlambat perkembangan aterosklerosis, yaitu suatu kondisi yang bisa menyebabkan plak dan berbahaya bagi pembuluh darah.


National Center for Complementary and Alternative Medicine (NCCAM) menuturkan sejak ribuan tahun lalu masyarakat sudah memiliki kebiasaan mengonsumsi bawang putih karena dipercaya bisa menjadi obat.

Berdasarkan laporan dari University of Maryland Medical Center diketahui bahwa bawang putih memiliki kemampuan untuk menghancurkan plak yang terdapat di dalam dinding pembuluh darah, seperti dikutip dari Livestrong, 

Beberapa studi yang dilakukan terhadap pasien aterosklerosis menunjukkan jumlah plak yang menurun ketika pasien diminta untuk mengonsumsi bawang putih dalam bentuk suplemen. Meski demikian diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui dengan pasti bagaimana cara bawang putih menghancurkan plak.

Studi lain juga menemukan konsumsi bawang putih bisa membantu menurunkan kadar kolesterol darah total dan juga kadar kolesterol jahat (LDL), sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sehingga mengurangi risiko plak menumpuk di arteri.

Selain itu, hasil penelitian yang dilakukan oleh Linus Pauling Institute menuturkan bahwa bawang putih juga memiliki kemampuan untuk mencegah pembekuan darah di arteri serta mengurangi jumlah trombosit dalam darah yang bergumpal.

Sedangkan bawang putih yang dikonsumsi dalam bentuk bubuk atau minyak tampaknya juga efektif untuk mencegah penggumpalan darah di arteri yang bisa menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Bila seseorang ingin mengonsumsi bawang putih untuk membersihkan arteri, UMMC menyarankan untuk konsumsi 2-4 siung bawang putih segar setiap harinya, atau bisa juga bawang putih tersebut dicampurkan dalam makanan.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

0 Response to "Bawang Putih Mampu Membersihkan Plak Di Pembuluh Darah"

Posting Komentar

mgid.com, 5531410, DIRECT mgid.com, 5617844, DIRECT mgid.com, 5617845, DIRECT