loading...

MENGENAL TANAMAN SAWO KECIK (TANAMAN KEBERUNTUNGAN)


Buah sawo yang matang

Ada juga yang memanggilnya Sawo Jawa. Dalam bahasa Inggris dipanggil dengan nama Caqui dan Manilkara. Namanya dibeberapa negara lain adalah Khirni (India), dan Lámút Sida atau Lámút Thai(Thailand). Sedangkan panggilan latin sawo kecik adalah Manilkara kauki.


Sawo Kecik menurut filosofi jawa sering diidentikkan dengan ‘sarwo becik’ (serba baik). Maka tidak jarang jika menanam pohon tersebut di pekarangan rumah akan memberikan efek baik kepada pemiliknya. Di Yogyakarta Sawo Kecik kadang dijadikan tanaman pertanda bahwa orang yang menanamnya adalah abdi dalem kraton.
Daerah asal Sawo kecik adalah India dan tersebar di Burma, Indo-China, Thailand, Semenanjung Malaysia, di seluruh kawasan Indonesia (kecuali Kalimantan), Papua New Guinea dan bagian timur-laut Australia.

Pohonnya tinggi lurus dan memiliki banyak cabang, seperti pohon cemara atau randu. Daun Sawo kecik berbentuk oval dan mengelompok pada bagian ujung batang, permukaan bawah daun putih dan halus seperti beludru. Kuncup bunga berbentuk bulat telur; tangkai daun tidak menebal, panjang kelopak daun 7 mm. Saat ini tingginya mencapai 4 meter.

Pohon Sawo Kecik

Sawo Kecik di depan rumah mulai berbuah sejak 2 tahun lalu. Buahnya berbentuk bulat telur atau bulat telur sungsang dan panjang 3-4 cm. Dari segi bentuk, sawo kecik berukuran jauh lebih kecil dibandingkan dengan jenis sawo lainnya. Warna kulitnya hijau kemudian berangsur-angsur menjadi coklat muda, orange, merah terang dan merah tua/kehitaman saat matang. Kulitnya sangat tipis dan mudah sekali terkelupas. Rasanya buahnya manis tapi jika belum matang terasa sedikit sepet. Sawo Kecik berbuah pada bulan Juni – Oktober setiap tahunnya. Pohon Sawo Kecik sering di tanam sebagai pohon peneduh. Mampu tumbuh di daerah bertanah kurang subur, daerah pesisir (pantai) yang beriklim kering hingga daerah berketinggian sekitar 500 meter dpl. Pohon Sawo Kecik juga mampu berfungsi sebagai pohon perintis dan tanaman pemulih areal-areal yang kurang subur dan kritis.


Buah yang belum matang

Selain penghasil buah, batang Sawo Kecik juga banyak dipergunakan sebagai bahan bangunan, perabot rumah tangga, karya-karya seni seperti patung, dan ukiran, peralatan musik seperti rebana dan badan biola serta pohon ornament yang biasa ditanam di dekat kuil atau istana. Biji buah sawo kecik ini pun bisa dmanfaatkan untuk bermain bola bekel ataupun sebagai biji permainan congklak. 

loading...

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

0 Response to "MENGENAL TANAMAN SAWO KECIK (TANAMAN KEBERUNTUNGAN)"

Posting Komentar

mgid.com, 5531410, DIRECT mgid.com, 5617844, DIRECT mgid.com, 5617845, DIRECT