loading...

MELIHAT POTENSI USAHA BUDIDAYA BUAH MANGGIS SEKARANG INI







Karena semakin banyaknya masyarakat yang tahu manfaat buah manggis maka peluang usaha budidaya manggis semakin terbuka lebar. Untuk kebutuhan masyarakat lokal mungkin masih terlihat kecil namun buah manggis ini marupakan salah satu komiditi ekspor, salah satunya ekspor ke Cina. 

Dari segi permintaan, peluang bertani manggis ini memang terlihat dari dukungan kebutuhan ekspor buah manggis tersebut. Jika melihat permintaan dalam negeri memang sebenarnya sudah cukup baik namun seperti umumnya, jika masa panen raya harga manggis bisa sangat rendah dan merugikan petani manggis. Inilah sebabnya usaha budidaya manggis sebaiknya berorientasi ekspor.

Seperti jenis budidaya tanaman buah lainnya, untuk mengetahui lebih detail mengenai gambaran prospek usaha ini maka kita bisa mempelajari berbagai aspek usaha yang berkaitan. Aspek-aspek yang bisa memberi gambaran bagaimana peluang usaha budidaya manggis tersebut antara lain sebagai berikut!


1) Kebutuhan pasar
2) Kondisi persaingan
3) Kondisi lahan
4) Kemampuan budidaya


baca juga:

Empat aspek di atas jika dikaji lebih jauh maka akan memberikan gambaran kepada kita tentang bagaimana peluang atau prospek yang dimiliki budidaya pertanian buah tersebut. Jika data analisa yang digunakan objektif maka hasil kesimpulan dapat digunakan sebagai acuan dalam merumuskan perencanaan usaha yang matang.

Pasar merupakan tempat yang akan menyerap hasil produk pertanian tanaman manggis. Maka analisa terhadap kebutuhan pasar akan sangat penting untuk memberikan gambaran bagaimana kebutuhan yang ada. Semakin besar kebutuhan pasar maka akan semakin bagus untuk usaha tersebut. Sebaliknya, jika kebutuhan sedikit maka tentu akan mempengaruhi daya serap hasil panen petani.

Persaingan di pasar juga akan mempengaruhi bagaimana prospek usahanya. Maksudnya semakin banyak petani manggis maka akan semakin besar persaingannya. Meski tidak terjadi persaingan secara langsung namun produksi buah manggis dari petani akan melimpah ruah dan sangat mungkin melebihi kebutuhan pasar. Hal tersebut nantinya akan berdampak pada harga panen buah manggis tersebut.

Jumlah petani manggis yang tidak seimbang dengan kebutuhan dan permintaan pasar nantinya akan terus membuat harga buah menjadi tertekan. Maka dari itu pelaku usaha budidaya ini harus memilih pangsa pasar yang lebih luas dan tidak hanya fokus pada kebutuhan suatu daerah saja.

Selanjutnya, jangan berfikir menanam manggis pada lahan yang tidak sesuai dengan syarat tumbuh tanaman manggis. Kondisi lahan secara keseluruhan juga akan berpengaruh terhadap bagus tidaknya budidaya yang akan dilakukan. Sebut saja misalnya masalah kesuburan tanah, iklim perawatan dan sebagainya. Semua yang berhubungan dengan kondisi lahan akan mempengaruhi kelangsungan usaha.


Terakhir, yang tak kalah penting untuk diukur adalah mengenai ilmu atau kemampuan yang kita miliki. Jika ingin bertani manggis maka sudah pasti kita harus bisa dan tahu cara atau teknik budidaya manggis yang baik, benar dan menghasilkan panen melimpah. Tanpa semua itu maka usaha ini tidak akan memiliki prospek menjanjikan.

Sebagai kesimpulan, secara umum peluang budidaya manggis ini masih cukup bagus dan terbuka lebar. Prospek ke depan untuk usaha ini juga masih relatif baik karena usaha ini juga di dukung dari sektor ekspor ke luar negeri. Itu saja, mudah-mudahan bisa menjadi tambahan referensi kita bersama
loading...
>


artikel berikutnya



0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog