loading...

INFORMASI TENTANG KOPI LUWAK



Inilah kopi legendaris di seluruh dunia. Merupakan kopi yang berasal dari biji kopi arabika dan robusta yang dimakan oleh luwak. Luwak akan memakan buah kopi dan buah kopi tersebut akan diproses dengan enzim di perutnya, kemudian biiji dari buah kopi itu akan keluar bersama kotorannya. Karena fermentasi di dalam perut Luwak inilah yang membuat biji kopi luwak menjadi istimewa. Kopi luwak ini menjadi lebih istimewa karena luwak mencari buah kopi yang 90 persen matang sempurna sehingga sangat berpengaruh pada rasa kopi nantinya.

Kopi luwak tercatat sebagai kopi paling enak di dunia. Penggemar kopi luwak sudah menjamah dunia, dari Amerika, Jepang hingga ke Eropa. Di Amerika, segelas kopi luwak bisa dihargai sebesar US$ 100 atau rp 1 juta. Wow!!! Di Indonesia, untuk menikmati kopi luwak tidak lah semahal di luar negeri.

Kopi Luwak adalah kopi yang dihasilkan dari buah kopi yang dimakan luwak. Karena tidak dicerna secara sempurna, kotoran luwak yang dikeluarkan masih berbentuk biji utuh. Pada proses pencernaan luwak, enzim proteolytic menyerap ke biji, membelah protein-protein kopi, sehingga terjadi banyak asam amino bebas. Alhasil, citarasa dan aroma untuk kopi luwak semakin kaya dibandingkan kopi biasa. Fermentasi yang terjadi saat pencernaan juga mengurangi rasa pahit pada kopi luwak.

Menurut Wikipedia dan pengalaman sendiri, Kopi luwak terbaik disangrai di kisaran cinnamon ke medium, sehingga profil citarasa dan aromanya yang smooth bisa dipertahankan dengan baik.
loading...
>


artikel berikutnya



0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog