loading...

Burung Merpati Yang Berbulu Indah



http://tipspetani.blogspot.com/2016/11/burung-merpati-yang-berbulu-indah.html
Burung Merpati Yang Berbulu Indah


Bila burung merpati biasanya berwarna putih, coklat, kelabu, hitam dan perpaduan antara warna-warna itu , untuk burung Punai Gading ini memiliki bulu yang beraneka warna mirip warna pelangi menghiasi bulu tubuhnya.


Burung ini memiliki nama ilmiah Treron vernans. Burung yang berbulu indah ini dapat ditemukan di daerah Asia Tenggara seperti Vietnam, Singapura, Thailand, Filipina, Kamboja dan Indonesia.



Di luar negeri, burung ini dikenal dengan nama Pink Necked Green Pigeon (merpati hijau berleher pink) karena memang ada warna pink di lehernya. Seperti burung merak , burung Punai Gading dengan warna bulu yang indah menunjukkan jenis kelamin jantan untuk menarik perhatian pasangannya.



Burung ini memiliki Siulan seperti mendengkur yang terdengar aneh dengan ratapan sebagai ancangan pada awalnya. “Oooo-ooo, cheweeo- cheweeo- cheweeo”, juga “krrak, krrak” yang serak ketika makan berkelompok. 


Burung jenis ini umumnya berhabitat di hutan pantai, hutan magrove, hutan sekunder, hutan rawa-rawa, perkebunan yang berpohon jarang, di sekitar pemukiman, tempat-tempat terbuka dan lembah sampai ketinggian 1200 mdpl. 

Saat ini sepertinya populasinya semakin kecil di tempat yang semakin tinggi dari permukaan laut. Berkumpul dalam kelompok kecil, hinggap pada pohon buah-buahan (seperti bringin dan kersen) untuk mencari makan biji-bijinya. 


Pada saat terganggu, mereka akan terbang berdua atau bertiga dengan kepakan sayap yang keras. Sedangkan pada malam dan pagi hari, mengeluarkan suara mendengkur lembut yang rendah dari tempat bertengger.
loading...
>


artikel berikutnya



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog