loading...

MENGENAL TANAMAN ANDALIMAN KHAS SUMATERA



Andaliman ini begitu Populer dan sangat dikenal,sampai ada Kalimat yang mengatakan ''Kalau Tidak Kenal Andaliman Jangan Ngaku Orang Batak'' begitulah sepenggal Kalimat yang Menyebutkan atau Menyatakan Jati Diri Orang Suku Batak.

Gambar Andaliman dan Pohonnya
Tapi Tahukah Anda apa itu Andaliman...???!!!

Andaliman adalah Sejenis Rempah yang dinamakan Rempah Tuba oleh Masyaraka Orang Suku Batak,Andaliman ini sering dipergunakan sebagai Bumbu Penyedap Rasa Makanan oleh Orang Suku Batak dalam Menghidangkan dan Menyajikan Makanan Khas Suku Batak,seperti Makan Arsik Ikan Mas,biasa Andaliman ini adalah Bumbu Andalan untuk menyajikan Makan Khas Batak tersebut,Bahkan tidak lengkap Rasanya jika Rasa Andaliman ini tidak ada.

Sejarah Andaliman

Salah satu Rempah yang sampai saat ini masih di Budidayakan oleh Petani Suku Batak memiliki Sejarah yang sangat panjang,Bahkan sampai Penjajahan Belanda di Indonesia,
Begitu Eksotisnya Rempah Nusantara ini membuat Perusahaan Persatuan Dagang Belanda untuk Hindia Timur atau VOC (Vereenigde Osst Indische Compagnie) sekitar 400 Tahun yang lalu datang untuk Mengambil dan Memanfaatkan bahkan Menguasai Rempah ini.

Rempah Tuba juaga tidak hanya di kenal di Indonesia saja,bahkan Luar Negri seperti Amerika dan Cina,Rasa Pedas dan membuat Lidah Bergetar yang dihasilkan dari Rempah ini,

Di Luar Negeri Rempah Tuba tidak hanya sebagai Penyedap Rasa Makanan,Bahkan untuk Industri.

Rempah Tuba atau yang lebih dikenal dengan Nama Latin Zanthoxylum memiliki sebutan yang berbeda-beda di Tanah Batak,seperti yang Kita Ketahui Tanah Batak sangat Luas.
Di Daerah Tanah Batak Toba Rempa ini memiliki sebutan Andaliman,di Daerah Simalungun,Tanah Karo dan Dairi Rempa ini memiliki sebutan Tuba,dan di Tanah Tapanuli Selatan Rempah ini memiliki sebutan Syiarnyar.Pemberian Nama atau Sebutan Rempah ini ditentukan oleh Ukuran,Buah dan Bentuk Duri dari yang Melekat pada Rempah tersebut.

Hal dan Kaitannya Rempah Tuba atau Andaliman dengan Suku-suku Batak

Secara Adat,Rempah Tuba banyak di Manfaatkan oleh Suku Batak sebagai Penyedap Makanan Sajian pada saat mengadakan Acara Ritual Suku Batak.

Seperti Kita ketahui Makanan Khas Saya sebutkan di atas selalu Kita Lihat di Acara-acara Adat Suku-suku Batak,Hal lain yang membuat Rempah Tuba menjadi Andalan dalam Penyajian Makanan adalah Ketahanan Makanan bisa lebih lama untuk di simpan (awet)

Manfaat Lain Rempah Tuba

Rempah Tuba Tidak hanya Bermanfaat sebagai Penyedap Makanan saja,Tapi juga bisa dipergunakan sebagai Obat Herbal karena di dalam Rempah Tuba mengandung Senyawa Aromatik dan Minyak Eksensial yang sangat Bermanfaat untuk Kesehatan.
Dan Minyak Eksensial sendiri Bermanfaat untuk mengurangi Rasa Sakit ketika Tertusuk Duri Rempah Tuba dan juga Dapat Menyembuhkan Luka Akibat Duri Rempah dan Duri-duri Tanaman lain.
http://tipspetani.blogspot.com/2016/07/mengenal-tanaman-andaliman-khas-sumatera.html

http://tipspetani.blogspot.com/2016/07/mengenal-tanaman-andaliman-khas-sumatera.html

http://tipspetani.blogspot.com/2016/07/mengenal-tanaman-andaliman-khas-sumatera.html

http://tipspetani.blogspot.com/2016/07/mengenal-tanaman-andaliman-khas-sumatera.html

loading...
>


artikel berikutnya



0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog