loading...

CARA PEMBIBITAN POHON CEMARA PINUS



Cemara kipas, dari namanya saja anda sudah bisa menebak kan jika pohon cemara yang satu ini menyerupai kipas. Pohon ini memang sangat unik, dan berbeda dengan pohon cemara yang biasanya. pohon cemara kipas sangat pouler di kalangan pecinta tanaman hias khususnya para pecinta tanaman pohon cemara.


Terlebih lagi di saat musim angin, seolah- olah pohon ini seperti kipas yang sedang mengayun saat kepanasan. Unik bukan pohon yang satu ini? jika anda ingin menanam pohon cemara kipas di halaman rumah anda, simak selanjutnya di bawah ini.

1. Pembibitan

Cara pembibitan pada pohon cemara kipas ini sama seperti pohon cemara afrika yaitu dengan cara mencangkok. Maka anda harus memilih batang dari pohon cemara yang sudah cukup umur dan memiliki panjang di atas 30cm. Lalu potong dan kerat kulit batang pohon cemara tersebut. Kemudian bungkus dengan tanah, lalu balut dengan plastik bening agar dapat di pantau pertumbuhan akarnya. Lakukanlah penyiraman sehari sekali agar akar cepat tumbuh dengan baik. Setelah akar sudah tumbuh banyak, segeralah potong dan diamkan 24jam di tempat yang lembab setelah itu baru bisa di tanam.

2. Penanaman

Sebelum melakukan penanaman, persiapkan lah media tanam dengan mencampurkan tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Setealh itu tanam lah bibit dalam lubang sedalam 20- 25 cm. Lalu timbun kembali bibit dengan media tanam dan padatkan media tanam agar bisa tegak dan tidak roboh. Siramlah media tanam agar terjaga kelembapan dan kesegarannya.

3. Perawatan

Untuk perawatan pada cemara kipas ini hanya perlu menyiram setiap 2- 3 hari sekali dengan takaran secukupnya. Dan jangan sampai lupa melakukan pemupukan bersamaan dengan penyiangan yaitu setiap 2- 2,5 bulan sekali.
loading...
>
Loading...


artikel berikutnya



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Loading...
Loading...
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog