loading...

PELUANG USAHA BUDIDAYA LABU SIAM



http://tipspetani.blogspot.com/2016/05/peluang-usaha-budidaya-labu-siam.html



Pada labu siam ini setelah menjadi sayuran, memiliki rasa yang enak. Untuk sekarang ini labu siam secara umum telah digunakan untuk membuat masakan. Dengan secara otomatis menyebabkan kebutuhan buah labu siam di pasaran cukup besar karena tingkat konsumsi masyarakat terhadap buah satu ini yang cukup tinggi.

Dengan begitu kita bisa dijadikan lahan usaha yang cukup menguntungkan. Nah bagi anda yang minat atau ingin membudidayakan labu siam maka berikut ini akan bahas beberapa hal penting mengenai teknik budidaya labu siam.

Lahan Ideal Budidaya Labu Siam

Pada labu siam ini dapat ditanam dan tumbuh dengan subur pada wilayah dengan memiliki ketinggian antara 200 meter hingga 1000 meter diatas permukaan laut. Untuk cara menanam pada labu siam tergolong sangat sederhana.

Baik pada wilayah rendah yang memiliki hawa udara panas maupun wilayah dataran tinggi yang memiliki hawa udara dingin bisa menjadi tempat yang cocok untuk membudidayakan tanaman labu siam tersebut. Oleh karena itu pada buah yang satu ini bisa ditemui baik didaerah tropis maupun didaerah subtropis.

Baik juga bagi yang hobi yang pencinta bercocok tanam untuk menumbuhkan tanaman satu ini dihalaman rumah atau dipekarangan. Dari pada tanah tidak digunakan sebaiknya kita bisa dimanfaatkan untuk menanam tanaman yang menghasilkan buah yang bermanfaat ini.

Untuk labu siam ini tidak akan memakan tempat karena tergolong jenis tumbuhan yang merambat, kita hanya perlu menyediakan batang rambatan yang pas, sehingga justru bisa membuat pekarangan kita terlihat asri dengan adanya tanaman labu siam ini.

Pengolahan Lahan

Untuk membudidayakan labu siam tidaklah begitu rumit, awal mulanya kita mengolah tanah dengan cara yang telah umum yaitu dengan cara dibajak dan diseimbangkan unsur haranya. Selanjutnya dengan membuat parit-parit dilahan untuk memudahkan dalam mengairi tanaman nantinya. Sebaiknya untuk pola tanam dan parit-parit dibuat seperti garis-garis berjajar yang melintang dengan arah dari timur ke barat.


Untuk pembibitan labu siam dilakukan lewat biji yang didapat dari buah labu siam yang telah sangat tua. Kemudian biji-biji labu siam disemaikan ditempat yang lembab sampai tumbuh kecambah atau tunas yang baru. Selanjutnya untuk menanam bibit tersebut yakni bibit yang telah siap dimasukkan ke lubang-lubang tanam diatas lahan. Jarak tanam yang ideal untuk tanaman pada labu siam yakni sekitar 1 meter persegi.

Penanaman Dan Pemeliharaan

Untuk penanaman pada labu siam ini dilakukan dengan cara memasukan biji-biji yang telah tumbuh tunasnya tadi, kemudian ditutup dengan lapisan tanah. Dapat memasukan 3 buah biji ke dalam setiap lubang tanam. Selanjutnya tetap menjaga tanaman labu siam dari berbagai hama, termasuk dari rumput liar yang tumbuh disekitarnya. Lalu perlu memasang media rambat yang bentuk dan ukurannya ideal sehingga untuk memudahkan saat panen.
http://tipspetani.blogspot.com/2016/05/peluang-usaha-budidaya-labu-siam.html
sumber
- Ruangtani.com – 
loading...
>


artikel berikutnya



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog