loading...

PANDUAN MENANAM SIRIH MERAH




Tanaman sirih merah kini semakin populer di kalangan penghobi tanaman hias. Selain bentuk dan warna daun yang indah dan segar, ternyata tanaman sirih merah memiliki beragam manfaat bagi kesehatan manusia. Berbagai penyakit konon bisa sembuh dengan tanaman sirih merah, salah satunya adalahmengobati penyakit diabetes atau kencing manis. Tidak heran jika kini pecinta tanaman hias menanam tanaman hias ini di pekarangan rumahnya sebagai penghias rumah dan sekaligus sebagai tanaman obat. Namun ternyata menanam tanaman sirih merah gampang-gampang mudah. Karena itu simak tips-tips menanam tanaman sirih merah berikut ini.


Lingkungan Hidup Sirih Merah

Hal pertama yang penting dimengerti sebelum menanam tanaman sirih merah dan juga tanaman lainnya adalah habitat atau lingkungan hidup tanaman tersebut di alam asalnya. Tanaman sirih merupapakan tanaman merambat yang menyukai tempat teduh. Karena merambat biasanya tanaman sirih merah merambat pada pohon-pohonan hidup, sehingga cukup ternaungi oleh pohon tempat ia merambat. 

Kebutuhan sinar matahari bagi tanaman sirih merah ini adalah sekitar 60 – 75 persen cahaya matahari. Tanaman sirih merah yang tumbuh di tempat teduh, daunnya akan melebar. Warna merah marunnya yang cantik akan segera terlihat bila daunnya dibalik. Batangnya pun tumbuh gemuk. Bila terkena banyak sinar matahari, batangnya cepat mengering. Sebaliknya bila terlalu banyak kena air akar dan batangnya akan membusuk. 

Untuk menghindari hal tersebut biasanya diberikan perlindungan berupa paranet atau tanaman sirih merah diletakkan pada tempat yang teduh. Selain itu tempat penanaman sirih merah tidak banyak terkena air hujan.

Menanam tanaman sirih merah bisa dilakukan langsung pada tanah atau bisa menggunakan media pot atau polibag. Terggantung pada selera anda dan juga lingkungan anda. Jika akan menanam sirih merah dalam pot, terlebih dahuku siapkan tempat atau pot yang sudah di isi pasir, tanah, pupuk kompos Perbandingannya 1:1:1.


Cara Menanam Sirih Merah

Jika Media tanah untuk menanam sirih merah sudah siap kita bisa menanam tanaman sirih merah dengan berbagai cara. Cara menanam sirih merah yang paling mudah adalah dengan jalan stek. 

Cara Menanam Sirih Merah Dengan Stek
Cara Menanam sirih merah melalui stek adalah sebagai berikut :
  1. Pilihlah batang sirih merah yang sudah tua.
  2. Potong batang sirih kira-kira dua ruas. Jangan asal potong. Sebaiknya batang yang diplih sudah memiliki 2 -3 lembar daun.
  3. Rendam potongan batang ini ke dalam air biasa kira-kira 15 menit lalu angkat.
  4. Masukkan stek ke dalam media tanam yang sudah disediakan.
  5. Letakkan setek yang sudah ditanam di tempat teduh. Sinar matahari kira-kira 60 persen saja, tunggu hingga tumbuh tunas baru dengan selalu menjaga tetap pada tempat teduh dan cukup air.

Cara Menanam Sirih Merah Dengan Merunduk
Pada dasarnya menanam sirih merah dengan merunduk ini hampir sama dengan stek, namun pemotongan dilakukan setelah akar tumbuh. Pilih batang sirih yang sudah panjang, kemudian cukup letakan di tanah atau di media yang telah kita siapkan. Setelah beberapa minggu, akar akan tumbuh, dan batang sirih siap di potong.

Menanam Sirih Merah Dengan Stek Air
Stek Air merupakan cara yang hampir sama dengan stek biasa, hanya saja untuk mempercepat pertumbuhan akar sirih merah dilakukan cara menanam sirih merah dengan stek air ini. Cara menanam sirih merah dengan stek air ini bisa dikatakan cara paling mudah. Cukup potong batang sirih, kemudian batangnya di rendam di air sampai akarnya keluar. Tapi cukup batangnya saja yang di rendam, jangan dengan daun sirihnya. Bisa kita masukan di botol bekas air mineral.
loading...
>


artikel berikutnya



0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog