loading...

PROSE CARA MENYADAP TANAMAN KARET

Penyadapan karet harus dilakukan dengan cara yang benar agar tidak merusak batang tanaman karet. Setelah mengatahui cara menanam karet yang benar dan perawatannya, selanjutnya adalah harus mengetahui juga cara terbaik memanen karet agat tidak merusak batang tanaman karet.

Sumber gambar: rohultoday 

Untuk melakukan penorehan atau penyadapan karet yang baik dapat dilakukan dengan beberpa cara berikut:
  • Siapkan pisau toreh (oahat kait) yang sering digunakan untuk memanen karet. Usahakan pisau toreh sudah di asah sebelum digunakan agar tajam.
  • Buatlah torehan pada ketinggian setinggi bahu agar tidak terlalu sulit, mulailah menoreh dari atas ke bawah secara lurus sebagai garis acuan tepi sekitar panjang 30 cm pada kedua sisi batang karet. Kemudian buatlah torehan secara diagonal pada kulit pohon karet dari torehan yang dibuat tadi sampai garis tegak satunya, kemiringan torehan sekitar 30 - 40 derajat.
  • Lakukan penorehan hanya pada kulit pohon dimana terdapat kandungan getah, jangan sampai menekan pisau toreh terlalu dalam sehingga mengenai tulang pohon. ini akan merusak tanamn karet dan dapat mengurangi produksi getah.
  • Pada bagian terbawah ujung torehan terakhir buatlah alur dengan menggunakan pisau toreh untuk mengalirkan getah ke wadah yang telah disediakan.
  • untu memudahkan karet menetes masuk wadah, pasanglah semacam talang kecil dengan menggunakn seng yang ditancapkan ke pohon karet. 
Beberapa langkah pemanenan getah karet di atas tentunya dapat dicoba di kebun anda masing-masing agar tidak merusak pohon karet. Pohon karet yang ditoreh atau disadap dengan cara yang tidak benar dapat menyebabkan pohon karet rusak dan produksi getah karet akan menurun. Kegiatan penyadapan karet sebaiknya dilakukan pada pagi hari seitar pukul 04:00 sampai pukul 08:00. Hal ini dikarenakan getah karet produksinya banyak dan tekanan juga masih tinggi, sehingga getah karet dapat keluar banyak.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

0 Response to "PROSE CARA MENYADAP TANAMAN KARET"

Posting Komentar

mgid.com, 5531410, DIRECT mgid.com, 5617844, DIRECT mgid.com, 5617845, DIRECT