loading...

TIPS MENANAM KETUMBAR



Budidaya Tanaman Ketumbar


Ketumbar yang nama ilmiahnya adalah Coriandrum sativum Linn secara sekilas bijinya memang mirip dengan merica, tak jarang orang tidak bisa membedakan mana ketumbar mana merica. Kalau dari bentuk tanamannya, tentu saja tanaman ketumbar sangat berbeda jauh dari merica. Secara fisik, tanaman ketumbar mirip dengan seledri. Anda bisa menanam sendiri ketumbar di sekitar rumah. Ketumbar saat kecil mirip dengan seledri. Daun ketumbar juga bisa dipakai sebagai penyedap masakan terutama untuk sup. 

Ketumbar bukanlah tanaman asli negara kita, biasanya dibudidayakan untuk diambil daunnya yang masih muda untuk lalap, sayuran. Sampai saat ini kita masih impor biji ketumbar dari luar negeri sampai 20 ribu ton pertahun. Selain sebagai bumbu masakan, ketumbar digunakan sebagai bahan baku bermacam-macam obat, industri penyamak kulit, dan bahan baku pembuatan minyak wangi.
http://adf.ly/vccTG



Cara Tanam Ketumbar
Sebelum ditanam, tentunya biji harus diperlakukan dahulu dengan cara merendam biji ketumbar di dalam air hangat selama 2 hingga 12 jam untuk mengaktifkan biji tersebut. 

Setelah itu tabur biji pada tanah dalam wadah bekas, dengan kedalaman 1-2 cm. Biji akan tumbuh dalam masa 7-10 hari. Ketumbar bisa ditanam di pot kecil, polybag atau kaleng dan botol plastik bekas minuman. Siram tiap hari dengan sprayer, tapi jangan sampai tergenang









loading...
>


artikel berikutnya



0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog