loading...

MANFAAT TANAMAN SUKUN

Sukun sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Tanamannya juga tersebar di seluruh nusantara. Sukun secara tradisional juga telah dimanfaatkan dalam kehidupan. Walau nampaknya sederhana, ternyata menyimpan jutaan manfaat tanaman sukun.



Manfaat sukun tersebar secara lengkap mulai dari buah sukun yang lezat seperti roti, daun sukun yang berkhasiat obat, dan batang sukun selain untuk bahan bangunan juga menyimpat zat aktif untuk kesehatan.
Manfaat daun sukun

Khasiat daun sukun sangat efektif dapat mengobati macam-macam penyakit seperti penyakit liver, hepatitis, sakit gigi, gatal-gatal, pembengkakan limpa, jantung , obat tradisional asam urat dan ginjal.

Daun sukun sangat baik untuk kesehatan karena mengandung zat-zat berkhasiat seperti: Asam Hidrosianat, Aseticolin, tannin, riboflavin dll. Zat yang dapat mengatasi peradangan secara effektif. Daun sukun secara empiris dapat menyembuhkan ginjal yang sakit. Menurut penelitian daun sukun juga bisa bermanfaat untuk proses penyembuhan penyakit kardiovaskular.

Manfaat Daun Sukun :
1. Daun Sukun Membuat Ginjal Sehat
Daun sukun juga bisa dijadikan alternative untuk menyembuhkan ginjal yang sakit. Dengan Cara yang sangat mudah dan bisa diiringi dengan disiplin dalam mengkonsumsinya. Dengan rebusanair daun sukun secara rutin dan teratur dapat menyembuhkan ginjal yang sakit dan dapat melakukan aktivitas sehari-hari.

2. Daun Sukun Dapat Mengobati Penyakit Jantung
Daun Sukun juga dapat mengobati penyakit jantung. Karena daun sukun sangat beik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah maupun jantung. Cara mendapat manfaat daun sukundengan memanfaatkan 1 lembar daun sukun yang sudah tua yang masih berada di pohon. Daun sukun yang sudah tua memiliki kadar kimia yang maksimal.

3. Daun Sukun Dapat Menurunkan Kolesrol
Selain untuk menjaga kesehatan ginjal dan Jantung. Daun sukun juga dapat menurunkan kolestrol.

4. Dapat Mencegah Kanker
Selain dapat melindungi Jantung. Daun sukun juga dapat mencegah inflamasi atau mencegah peradangan. Dan daun sukun juga dapat disebut juga sebagai antiinflamasi.

5. Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dan Diabetes

Sukun yang telah berwarna kuning dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan Menurunkan Gula darah. Karena daun sukun mengandung phenol, quercetin dan champorol dan juga dapat digunakan sebagai bahan ramuan obat penyembuh kulit yang bengkak atau gatal.
Manfaat buah sukun

Buah Sukun mengandung karbohidrat yang tinggi ( bahan Makanan ),dan kandungan gizi pada buahnya juga tinggi. Seperti kandungan Asama Amino esensial ( isoleusin, methionin, lysine, Histidine, Tryptophan, valin ) kandungan mineral tersebut dapat digunakan untuk sistem pencernaan, memperkuat gigi dan tulang, penyakit ginjal, yang mengalami sakit liver dan diabetes.

Buah sukun mengandung banyak manfaat seperti kandungan yang ada pada buah sukun mencapai berkali-kali lipat dari serat yang terkandung diberas. Dengan kandungan serat yang ada pada buah sukun dapa membantu alat pencernaan dalam tubuh terutama pada proses pencernaan. Buah sukun juga bisa untuk orang yang mengalami sakit diabetes karena dapat menurunkan gula darah.

Buah sukun mengandung niasin, vitamin C, riboflavin, karbohidrat, kalium, thiamin, natrium, kalsium, dan besi. Pada kulit kayunya ditemukan senyawa turunan flavanoid yang terprenilasi, yaitu artonol B dan sikloartobilosanton.
Manfaat Kulit Sukun

Batang dan kulit sukun juga memiliki khasiat untuk obat mencairkan darah untuk wanita yang baru selesai melahirkan sekitar 8 sampai 10 hari.
Manfaat Bunga Sukun

Bunga sukun yang dibakar kemudian menjadi arang juga dapat di gunakan sebagai obat untuk sakit gigi.






loading...

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

0 Response to "MANFAAT TANAMAN SUKUN"

Posting Komentar

mgid.com, 5531410, DIRECT mgid.com, 5617844, DIRECT mgid.com, 5617845, DIRECT