loading...

JENIS MANGGA YANG SERING DIJUMPAI DI PASARAN





Yang di sebut dengan buah mangga adalah spesiesa yang memiliki nama ilmiah Mangifera indica . Sedangkan buah yang masih berkerabat dengan mangga seperti bacang, kuweni, kasturi, dan lain-lain memang seringkali di salah artikan sebagai buah mangga. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini, kami hanya memperkenalkan mangga yang memang benar buah mangga yang berasal dari spesies Mangifera indica . Jenis-jenis buah mangga mangifera indica , antara lain adalah:

1. Mangga Arum manis/harum manis



Mangga jenis ini adalah yang paling banyak kita jumpai di pasaran. Daerah jawa barat dan sekitarnya, mangga jenis ini memang di sebut mangga harum manis, tetapi di daerah jawa timur terutama probolinggo, malang, jember dan sekitarnya, mangga jenis di kenal dengan sebautan mangga gadung. Mangga arum manis merupakan gambaran buah mangga yang ada di benak setiap orang. Bentuk buah mangga seringkali di gambarkan seperti betuk buah mangga arum manis. Transisi rasa buah dari waktu masih muda, setengah matang, dan matang sangat berbeda memberi sensai tersendiri. Dagingya biasanya gemol/tebal dengan warna kuning keemasan ketika matang dan rasa yang manis dengan bau harum segar yang menggugah selera makan.



Mangga golek bentuknya bentuknya lonjong, serat dagingnya banyak, dan rasanya sangat manis saat matang. Mangga golek merupakan salah satu jenis atau varian mangga yang kabarnya pertama kali dikembangkan di tanah India. Namun setelah di budidayakan di Indonesia, jenis mangga ini menjadi sedikit berbeda dengan mangga golek India. Karena bentuknya yang unik, dan ukurannya bisa begitu besar, mangga golek seringkali di cari oleh para pecinta mangga untuk di nikmati. Sentra budidaya mangga golek yang paling terkenal adalah prpbolinggo, indra mayu dan pasuruan. Bahkan mangga golek telah di tetapkan oleh mentan sebagai mangga lokal varietas unggul.



Mangga manalagi, konon katanya merupakan hasil persilangan dari mangga gadung dan golek. Sepintas bentuk buah mangga manalagi lebih mirip mangga golek, tetapi lebih gemuk dan lebih pendek/lebih kecil jika dibandingkan dengan golek. Ukuran buah hampirsebanding dengan ukuran buah mangga gadung, dengan kulit buah berwarna hijau ketika masih muda dan apabila matang juga masih hijau tetapi agak keabuan dengan kulit di penuhi bintik-bintik putih yang jumlahnya jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan jenis mangga lainnya. Sementara itu daging buahnya padat dan berserat berwarna kuning keemasan. Kulit buah tebal dan berlilin. Mangga manalagi ini termasuk mangga yang tidak mudah busuk setelah di petik.

Mangga Madu-1-01

Sepintas mangga madu mirip mangga gadung, kecuali keseluruhan kulitnya berwarna kuning cerah saat matang. Di sebut mangga madu, karena rasa buah mangga yang satu ini sangat manis sekali seperti madu. Manis tetapi tidak tertinggal di lidah. Buahnya bulat sedikit memanjang dengan ukuran yang hampir sama besar dengan mangga manalagi.

5. Mangga Endog / mangga telur



Mangga endog atau mangga telur merupakan jenis mangga lokal yang bentuknya kecil sebesar telur. Karena itu di sebut mangga endog yang artinya telur. Kulit buah mangga telur ini sepintas mirip dengan kulit buah manggamanalsgi, yaitu hijau berbintik-bintik putih. Rasa daging buahnya manis, tetapi aromanya tidak begitu se semerbak jenis mangga yang lain. Buah ini sangat mudah di budidayakan, karena tanah penyakit. Tetapi karena bentuknya yang kecil, sangat jarang orang yang menyukainya.



Mangga yang satu ini mempunyai ciri yang khas yaitu warna kulitnya yang cantik, cerah, dan menarik. Perpaduan dari warna oranye, merah, sedikit warna hijau dan kuning. Harganya di pasaran cukup stabil dan paling banyak ditemukan di pusat perbelanjaan. Daging buah jenis mangga yang satu ini cukup nikmat. Ia mengandung banyak air. Meski didominasi rasa manis, namun tak jarang pula yang merasakan asamnya di ujung lidah. Buah ini banyak di budidayakan di daerah Majalengka dan coirebon.



Mangga Indramayu merupakan mangga lokal yang banyak di budidayakan di daerah indramayu. Aromanya menyengat dengan rasa manis yang juga menyengat. bentuk buah mangga ini sangat khas, sehingga sangat mudah membedakannya dengan buah mangga jenis lain. Daging buahnya sedikit berair, dan mempunyai serat yang khas, sehingga sangat nikmat saat di santap di musim kemarau, ketika panas menyengat.



Disebut mangga apel, karena bentuknya bulat seperti buah apel tetapi dengan kulit berwarna hijau agak unggu kemerahan di bagian pangkal buah. Mangga apel rasanya masam ketika masih muda dan agak sedikit manis ketika matang. Namun begitu banyak sekali yang menyukai mangga apel terutama untuk di santap sebagai rujak.

loading...
>


artikel berikutnya



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog