loading...

INFO TENTANG POHON JATI MERAH



Jati Merah Hampir tanpa Cabang

Jati Merah

1 . Jati Merah tumbuh sangat cepat , mampu mencapai rata2 1 (satu) meter / bulan ,
dalam waktu 3 (tiga bulan mencapai ketinggian 3 (tiga) meter .

2 . Sifat fisik : 
  • Profil batang cenderung membulat , mudah dibuat Veneer secara lebih efisien .
  • Tumbuh lurus keatas hampir tanpa cabang , hampir tidak mempunyai cedera (“Mata kayu”) bila dibuat perabotan , sehingga Harganya tinggi / mahal . 
  • Berdaun hanya sedikit , mudah Tumpangsari dengan tanaman semusim ( Padi ,Jagung , Kedelai dll .
  • Mempunyai akar tunggang , terkadang lebih dari satu , kokoh mencengkeram tanah tempat tumbuhnya .
  • Batang tubuh yang amat kuat dan mampu menahan hembusan angin serta batang bersifat amat lentur / Flexible (tidak mudah roboh) , serta mudah menjadi pohon pelindung bagi tanaman lainnya (Anggur, Lada, Vanilli , Rotan dll) .
Jati Merah tegak Lurus

3 . Sampai umur setahun , mampu tumbuh sangat rapat ( 1 x 1,5 meter) untuk fungsi Penghijauan yang SANGAT CEPAT) dengan daun lebat semasa muda . Dalam fungsi ini, kelak dilakukan Penjarangan (Dikurangi kepadatan batangnya) . Batang yang dipotong dalam penjarangan tetap memiliki Nilai Ekonomi yang tinggi karena jenisnya adalah “Tetap Kayu Jati” ( Teak common market price) .

4 . Dapat dipanen dalam waktu relatif singkat ( 5 – 10 tahun) , lebih tua akan lebih baik .
Catatan : 
Pengalaman menunjukkan bahwa dengan pemeliharaan yang baik , batang kayu Jati Merah dapat mencapai Tinggi pohon 10 – 11 meter , diperhitungkan hanya 6  meter secara komersial ;
a . Diameter 29 cm pada umur 5 (lima) tahun , volume = 2 M3 / 5 pohon ,
b . Diameter 32 cm pada umur 6 (enam) tahun , volume = 1 M3 / 2 pohon .

5 . Karena sifat fisik Jati Merah yang tumbuh hampir tanpa cabang , penanaman mudah dilakukan hampir disetiap Lahan terbuka yang ada , dengan maksimum ketinggian rata2 900 meter diatas permukaan laut , lahan dengan texture tanah yang kering / kritis , sepanjang

BUKAN TANAH TERGENANG AIR ( Pasang surut ) .
Catatan : Lahan dengan potensi banjir atau Pasang-Surut , dapat di atasi dengan Pengamatan dan Design khusus . Pemanfaatan Lahan Tidur diantara rumah penduduk , akan memberi kekuatan baru ekonomi rumah tangga secara “Hijau” dan mudah . 

6 . Jati Merah semakin cepat tumbuh dengan penggunaan Pupuk Organik yang dibuat dari Limbah baik padat ( Sampah rumah tangga maupun Perkebunan / Peternakan ) maupun Limbah cair ( dari Limbah rumah tangga maupun Peternakan ) .

Biji Jati Merah (endo)
loading...
>


artikel berikutnya



0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog