loading...

TANAMAN YANG AMPUH UNTUK MENGUSIR TIKUS DI RUMAH





Anda yang sebel banget sama yang namanya tikus dan tidak suka bahan kimia, ternyata ada beberapa tanaman yang dinilai ampuh untuk mengusir tikus yaitu sbb :

Buah bintaro adalah Salah satu buah yang ditakuti tikus, caranya cukup gampang, petik beberapa biji buah bintaro lau letakkan pada ruangan yang sering disatroni tikus. Tanaman bintaro memiliki nama latin Cerbera manghas dikenal sebagai tumbuhan pantai atau paya. Ketinggian pohon bintaro dapat mencapai 12m. Di negara Samoa dikenal dengan nama leva, di Togo di kenal dengan nama toto, dan di Negara Fiji dikenal dengan nama vasa. Nama ilmiah Cerberus diambil dari nama anjing berkepala sepuluh dalam mitologi Yunani.

Daunnya berbentuk bulat telur, berwarna hijau tua, yang tersusun berselingan. Bunganya harum dengan mahkota berdiameter 3-5cm berbentuk terompet dengan pangkal merah muda. Benang sari berjumlah lima dan posisi bakal buah tinggi. Buah berbentuk telur, panjang 5-10cm, dan berwarna merah cerah jika masak. Penyebarannya secara alami di daerah tropis Indo Pasifik, dari Seychelles hingga Polinesia Perancis. Bintaro sering kali merupakan bagian dari ekosistem hutan mangrove.

Di Indonesia bintaro sekarang digunakan sebagai tumbuhan penghijauan di daerah pantai serta peneduh kota.

Buah mengkudu disamping sebagai obat herbal, juga ternyata ditakuti tikus, caranya dengan mengambil beberapa buah mengkudu yang sudah masak (baunya sudah menyengat) lalu letakkan pada ruangan tempat tikus sering lalu lalang atau beraksi, biscaya tikus akan menghindar… Tapi ini juga akan sedikit mengganggu indera penciuman kita tentunya, akibat sengatan bau mengkudu masak yang gimana gitu.

Nah, satu lagi manfaat dari tanaman sirsak, ternyata tikus tidak suka dengan bau daun sirsak. Caranya letakkan saja daun sirsak di tempat-tempat yang sering disinggahi tikus, kalau sudah mengering ganti dengan daun sirsak yang lain.

4. Tanaman Berduri Tajam

Batang atau Kulit Salak & Kulit Durian
Letakkan di tempat yang biasa dilalui tikus, niscaya tikus akan segan melewatinya. Nggak kebayang agan naroh batang Salak di sudut-sudut ruangan, manusia juga segan ngelewatinnya kalee...
Untuk kulit durian, cari yang baunya menyengat, tikus juga nggak suka sama bau kulit durian yang menyengat, tikus juga nggak suka sama biji durian, enggak tau juga kalo duriannya... 

5. Tikel Balung atau Pencil Tree 
Euphorbia Tirucalli atau biasa dikenal dengan sebutan patah tulang, kayu urip, atau tikel balung (dalam bahasa Jawa) dan pencil tree (dalam bahasa Inggris). Getahnya yang beracun bisa mengatasi tikus, kadal dan tikus tanah, sekaligus kutu daun. Manusia juga bisa kena iritasi kalau kena getah tanaman yang satu ini.

6. Cabe Rawit
Ternyata tikus juga tidak suka dengan aroma dan rasa cabe rawit, caranya semprotkan aja juice cabe rawit ke tempat-tempat yang biasa dilalui tikus. Tikus bakal males lama-lama bertahan disitu. Pada dasarnya tikus tidak suka bau yang tajam seperti merica, papper mint dan amonia.

7. Biji Cengkeh

Tikus juga tidak suka aroma cengkeh, caranya agan bungkus cengkih yang sudah dikeringkan dengan kain kasa, taruh di sudut-sudut tempat tikus biasa lewat.

8. Daun Kayu Putih
Daun kayu putih bisa juga untuk usir kayu putih, baunya yang semrawang bikin tikus minggir, caranya potong-potong kecil-kecil daunnya, letakkan di tempat yang biasa dilalui tikus. Emmm, daripada ribet bisa juga kali minyak kayu putihnya kita taruh di botol spray dan kita semprot-semprot ke sarang tikus...

9. Biji Kopi

Selain buat menghilangkan kantuk, aroma kopi yang nikmat ternyata menyengat buat tikus. Tentunya pilih biji kopi dengan aroma yang bener-bener kuat. Caranya biji kopi yang sudah dikupas, dijemur, letakkan di tempat yang biasa dilalui tikus.
loading...
>


artikel berikutnya



8 comments:

Hiendrich accid burn mengatakan...

living room look bigger

Gawe Media mengatakan...

bisa coba alat ini untuk mengusir tikus :
Alat Pengusir Tikus Elektrik TMR014
Alat Pengusir Tikus Elektrik T235PR
Alat Pengusir Tikus Elektrik TPR02

Zainal Abidin mengatakan...

Artikelnya bagus banget, saya mau nambahin nih. Tanaman pengusir tikus lainnya, yaitu: peppermint, spearmint, chocolate mint dan eau de cologne mint. Selengkapnya di http://www.kebuntanamanhias.com/tanaman-pengusir-tikus/

man ambalat mengatakan...

Saya coba ya mind

iwal mengatakan...

Artikel bgus b,mnfa,at, kira2 brp hrga alat itu gan..

agugus.com mengatakan...

Mengkudu ditempat saya ada tanamannya, tapi masih banyak juga tikusnya

Netty Waloeyo mengatakan...

Tikus di rmh seneng banget buang kotoran di keset...Apa dgn disemprot karbol bisa mengusir tikus ?

Netty Waloeyo mengatakan...

Tikus di rmh seneng banget buang kotoran di keset...Apa dgn disemprot karbol bisa mengusir tikus ?

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog