loading...

TANAMAN OBAT PURING YANG BERKHASIAT




Siapa tak kenal tanaman satu ini? Sosoknya yang meriah dengan daun yang aneka warna, sangat akrab dengan masyarakat di negeri ini. Pemilik nama latin Codiaeum variegatum juga dikenal memiliki banyak nama lokal. Sebut saja tarimas, puding, croton,katomas, susurite dan masih banyak lagi.

Khasiat tanaman
Tanaman bergetah yang mengandung tanin dalam farmakologi Cina dinyatakan memiliki rasa yang pahit bersifat dingin dan beracun. Puring dinyatakan mampu melancarkan peredaran darah, peluruh keringat dan sebagai pencahar ringan. Bagian tanaman yang dapat dimanfaatkan yaitu, daunnya, ranting yang masih muda, akar dan kulit batang.

Berdasarkan berbagai literatur tentang tanaman obat dari berbagai daerah dan negara, ternyata cukup banyak manfaat tanaman ini untuk menyembuhkan beragam penyakit antara lain:

1. Perut mulas
Akar puring seukuran satu jari ditambah 3 helai daun dadap (Euphorbia neriifolia
L) dihaluskan, tambahkan airsecukupnya lalu saring dan diminum. Setelahnya akansedikit diare karena berkhasiat pencahar, namun rasa mulasnya hilang.

2. Sakit perut pada anak-anak
Gunakan daun puring yang masih muda dan segar yang berwarna kuning, dihaluskan dengan sedikit air sampai seperti bubur. Balurkan ramuan ini pada perut anak.

3. Sifilis
Rebus satu batang puring yang masih utuh dengan 5 gelas air sampai tersisa setengahnya. Saring air rebusan tersebut lalu dibagi untuk 3 kali minum.Dapat menggunakan gula.

4.Sukar berkeringat, eksema
Minum air rebusan daun puring secukupnya.

5.Cacingan, nafsu maka berkurang
Minum rebusan ranting muda secukupnya.

6.Sembelit kejang lambung, kehilangan selera, penyakit saluran kencing pada anak-anak.

Minum rebusan akar dan kulit batang puring secukupnya.
loading...
>


artikel berikutnya



0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog