loading...

MENGENAL TANAMAN KAYU MANIS CINA



Kandungan Kimia dan Efek Farmakologis 

Kulit kayu manis cina memiliki rasa pedas dan manis, sedikit beracun
(toksik), serta bersifat panas. Sementara ranting mudanya memiliki rasa pedas dan manis serta bersifat hangat. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam kulit kayu manis di antaranya cinnamic aldehyde, cinnamyl acetate, cinnzcylanol cinnzcylanine. phenypropyl acetate, tanin, dan saffrol. Sementara buah mentahnya mengandung cinnamic aldehyde. couniarin, traps-cinnamic acids, -sitosterol, choline, protoca-techuric acid, dan syringe acid. Bahan kimia pada kulit kayu manis cina masuk ke meridian ginjal, limpa, dan kandung kemih. Sementara bahan kimia pada ranting mudanya masuk ke meridian kandung kemih, jantung, dan paru-paru.


Efek farmakologis yang dimiliki kulit kayu manis cina di antaranya adalah menguatkan “yang”, menghangatkan limpa dan ginjal, melancarkan peredaran darah, menghilangkan sakit, menambah nafsu makan (stomakik), dan meluruhkan kentut (carminative). Sementara bagian ranting muda mempunyai efek farmakologis sebagai peluruh keringat (diaforetic), mengendurkan otot (muscle relaxant), menghangatkan dan melancarkan sirkulasi di meridian, serta melancarkan pernapasan.

Perbanyakan dan Perawatan Tumbuhan
Perbanyakan kayu manis cina dapat dilakukan dengan biji. Kayu manis cina dirawat dengan disiram air yang cukup, dijaga kelembapan tanahnya, dan dipupuk dengan pupuk organik. Tumbuhan ini memerlukan tempat yang cukup mendapat sinar matahari.

Bagian Tumbuhan yang Digunakan dan Pemanfaatannya
Kulit kayu dan ranting kayu manis cina dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.


1. Diare, gangguan pencernaan, dan radang lambung (gastritis)
Seduh 1,5 g bubuk kulit kayu manis cina dengan satu cangkir air panas untuk sekali pemakaian. Minum air seduhan sebanyak dua kali sehari dengan dosis sama.


2. Jantung koroner dan nyeri dada
Tumbuk halus 3 g kulit kayu manis cina dan 13 g daun dewa (Gynura segetum Lour.), lalu seduh dengan 1 cangkir air panas. Minum air seduhannya sekaligus selagi hangat, lakukan satu kali sehari.

Catatan:

Tumbuhan kayu manis cina sedikit beracun. Wanita hamil, penderita demam, yin lemah, yang kuat, dan penyakit pendarahan dilarang meminum ramuan turnbuhan ini.

Kulit kayu dan ranting dijemur untuk penyimpanan.
loading...
>


artikel berikutnya



0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog