loading...

MENGENAL TANAMAN KAPAS





Kapas merupakan bahan penting yang dipergunakan untuk bahan pakaian,selain itu serabut kapas mempunyai ketahanan terhadap kebasahan maupun kekeringan.

Akar 
Pada umumnya tanaman kapas berasal dari biji, bila keadan memungkinkan , dalam tempo 2-3 hari biji tumbuh. Kapas mempunyai akar tunggang yang dalam pandang akar dapat mencapai 15cm atau lebih. Pada waktu pertumbuhan tanaman mencapai tinggi 20-25cm.

Batang 
Batang kapas tumbuh tegak lurus, ini merupakan batang pokok dimana ruas ruas tumbu daun dan cabang cabang pada ketiak tumbuh 3 macam tunas yang akan menjadi cabang vegetatif, generatif dan senap

Daun
Daun diatas keeping daun pertama samapi kelima bentukna sempurna, kadang kadang agak bulat atau pendana, sedang diatas helai daun ke-5 sedikit berbeda, semakin keatas semakin sempurna. Umumnya daun berbulu halus dan ada pula yang tidak 

Bunga
Tanaman kapas mulai berbunga setelah umur 35-45 hari, dari titik bunga sampai mekar,berkisar waktu 25 hari

Buah
Setelah persarian, maka terbentuklah buah dari bunga sampai buah itu masak, berlangsung lebih kurang 40-70 hari yang masak akan retak dan membuka.
  • Biji kapas,kapas menghasilkan biji 2/3 dari beratnya,sedangkan serabut hanya 1/3 nya.Biji merupakan hasil tambahan tetapi besar manfaatnya misalnya:minyak goring,margarine,bahan sabun,pelumas,pelebur gelas,dll.
  • Serabut kapas,digunakan sebagai benang sebagai bahan dasar tekstil,sedang kapas kasar dapat dibuat bermacam-macam permadani,kasur,kertas yang bermutu tinggi,bantalan pada kapal dll.
  • Kulit buah,dibakar sebagai abu yang digunakan sebagai pupuk yang mengandung banyak kalium.
loading...
>


artikel berikutnya



0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog