loading...

MEMBUAT KANDANG PETERNAKAN KENARI




Kandang tersebut memiliki dimensi 40 cm x 40 cm x 80 cm.
Bahannya adalah :
1. Triplek 9mm = untuk sekat horizontal
2. Triplek 12 mm = Untuk sekat vertikal
3. Kawat kotak berlapis plastik untuk bagian depan
4. Kawat nyamuk untuk bagian belakang

BR mencoba mendesain kandang dengan ukuran tersebut didasarkan atas perhitungan praktis dimana ukuran triplek itu berdimensi 122 cm x 244 cm.

Tahap pengerjaan dimulai dengan memotong triplek seperti ukuran pada gambar disamping. Gunakan triplek dengan ketebalan 12 mm digunakan untuk sekat vertikal sekaligus berfungsi sebagai tiang.

Sebaiknya memang untuk sekat bagian depan menggunakan jeruji kawat, akan terkesan lebih rapi dibanding dengan menggunakan kawat kotak. Tapi satu hal yang diwaspadai, area kandang harus benar-benar bebas dari tikus. Jangan sepelekan kepiawaian tikus. Tikus berukuran besar masih bisa memaksa masuk melewati jeruji kawat meskipun celahnya hanya 1 cm.

Kawat kotak 1 cm x 1 cm, berlapiskan plastik, tahan karat

Lampu dinyalakan sampai pukul 19.00

Untuk melekatkan kawat kotak untuk penutup depan dan kawat nyamuk untuk penutup belakang, jangan menggunakan paku. Sebaiknya menggunakan Gun Staples, selain pengerjaanya cepat juga lebih rapi. Bagian sisinya tutup dengan lis kayu yang banyak di jual di toko madura.

Malam hari dipasangi kelambu untuk menghindari nyamuk

Sebagai alas kakinya dibuat terpisah, bisa dibuat dari kayu atau besi. Tingginya cukup 20 cm saja. Jangan lupa siapkan wadah plastik di bawah setiap kaki kandang untuk diisi dengan oli agar semut tidak merambat ke kandang.

Masukan oli
http://solo-pedia.blogspot.com/

loading...
>


artikel berikutnya



0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog