loading...

Penyakit Dan Hama Pada Tumbuhan



Sebelum lebih lanjut alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian dari hama dan penyakit, agar kita tidak salah dalam memprediksi sehingga melakukan hal yang tepat dalam menanggulangi hama dan penyakit yang menjangkit tanaman kita.

Pengertian Hama Tumbuhan
Hama adalah semua jenis binatang yang merugikan dan mengganggu tanaman yang sedang dibudidayakan oleh manusia dan bukan tumbuhan liar yang ada di alam. Hewan ini bisa menyebabkan kerusakan dan kemudian ada beberapa hewan yang bisa menyebabkan penyakit tertentu pada tanaman. Jika diklasifikasikan maka hama akan digolongkan kepada beberapa jenis. 



Diantaranya adalah:
  • Jenis Molusca; diantaranya adalah bekicot, siput, dan sejenisnya.
  • Jenis Aves; semisal burung, ayam (jika itu memang menganggu/memakan tanaman
  • Jenis serangga; merupakan jenis yang paling banyak, misalkan belalang, ulat, wereng, kumbang dan lain sebagainya.
  • Jenis Mamalia; tikus adalah salahsatu contoh yang banyak ditemui.


Nah, untuk penanggulangannya tentunya dengan cara yang tepat, yaitu denganmetode PHT, dan alangkah baiknya menggunakan jenis pestisida nabati/organik agar dikemudian hari tidak akan merusak struktur tanah dan kandungan unsur hara dalam tanah. 

Cara lainnya (termasuk dalam cara PHT) adalah dengan memanfaatkan hewan predator (musuh alami) seperti tikus untuk ular, kemudian burung untuk belalang, dan perdator lainnya, tentunya dalam waktu yang tepat, jelasnya, jika pada sebelum tanaman berbuah/biji maka biarkan burung mendekati tanaman kita namun jika musim berbuah atau setelah keluar butir padi (untuk padi) dan burung sekiranya membahayakan maka gunakanlah metode yang bisa menakuti burung menghinggapi tanaman kita. 

Yang harus diingat dalam metode PHT adalah dengan pengontrolan yang teratur, sehingga kita dapat mensiasati metode apa yang akan diterapkan dalam menangani hama tersebut.

Pengertian Penyakit Tumbuhan

Sedangkan penyakit adalah sebuah kondisi yang mengakibatkan tanaman tidak bisa tumbuh dengan normal, dikarenakan adanya gangguan pada organ tanaman yang disebabkan oleh mikroorganisme pengnggu, hama, virus atau kondisi tanah yang kekurangan unsur-unsur yang dibutuhkan tanaman.



Diantaranya jenis-jenis penyakit:


Penyakit layu, penyakit ini bisa menyerang jenis tanaman apapun, kebanyakan disebabkan oleh bakteri meskipun ada beberpa sebab lainnya, lihat juga kondisi kesuburan tanah. Penyakit layu ini dengan ciri-ciri tanaman tidak segar dan cepat menguning belum pada waktunya dan jika tidak ditangani akan menyebabkan kematian pada tanaman.

Penyakit hawar daun; bisa diidentifikasikan dengan tepi daun yang terdapat bercak-bercak, penyakit ini biasanya disebabkan oleh jamur.

Penyakit busuk daun, penyakit ini juga biasanya disebabkan oleh jamur, ciri-cirinya adalah timbul bercak pada daun hingga terlihat nampak pucar, kemudian menyebabkan kebusukan pada daun.

Penyakit tungro, peyakit ini menyebabkan tanaman kurang subur dan pertumbuhan terhambat sehingga tumbuhan menjadi kerdil dan tidak wajar, hal ini biasanya disebabkan oleh virus yang disebarkan oleh wereng.

Dan terakhir kita juga dikenalkan dengan penyakit Mosaic, penyakit ini biasanya menyerang tanaman tembakau, yang juga disebabkan oleh virus TMV (Tobacco Mosaic Virus)

Dan sebenarnya masih banyak lagi jenis hama dan penyakit pada tumbuhan yang lainnya.

Nah dari sekian jenis hama dan penyakit yang ada, tentunya saya menyarankan untuk penanggualangannya adalah dengan menggunakan metode Pengendalian Hama dan Penyakit secara terpadu (PHT)
loading...
>


artikel berikutnya



0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog