loading...

POHON PINUS SALAH SATU POHON PENGHASIL OKSIGEN



POHON PINUS SALAH SATU POHON PENGHASIL OKSIGEN

Pohon pinus merupakan pohon yang mudah tumbuh pada daerah dataran tinggi, namun begitu pohon pinus mampu juga untuk hidup didataran rendah. 

Pohon pinus saat ini keberadaannya sudah semakin sedikit. Hanya terdapat di beberapa pegunungan di Jawa dan Sumatra. Padahal pohon pinus sangat berguna sebagai pengendali ekosistem karena mampu menghasilkan oksigen yang baik. Salah satu kelebihan pinus lainnya yaitu kemampuan menyerap air yang tinggi sehingga tingkat kelembaban pohon pinus juga tinggi, hal tersebut dapat dirasakan jika berada disekitar pohon pinus maka akan dirasakan udara yang segar dan sejuk. Namun jangan sekali-kali berada di bawah pohon pinus pada malam hari karena pada malam hari pohon pinus juga mengkonsumsi oksigen yang besar pula sehingga kemungkinan terjadi hal yang tidak diinginkan karena kehabisan okigen.

Penanaman pohon pinus tidaklah sulit. Dengan diawali penggalian lubang untuk penempatan perakaran kemudian ditanamkan pohon pinus hingga dibatang sedikit diatas perakaran. Karena pada awalnya akar pohon pinus belum cukup kuat untuk menopang beban pohon maka berikan penguat tambahan berupa kayu atau bambu dengan membentuk seratus dua puluh derajat mengelilingi batang pohon.

Dengan kondisi iklim seperti sekarang ini, keberadaan pohon pinus sangatlah dibutuhkan. Setidaknya dapat menahan bertambahnya suhu akibat pemanasan global. Dengan kondisi sekarang hutan pohon pinus yang sudah sedikit, sudah selayaknya kita bersama-sama untuk melakukan penghutanan kembali, atau minimal tidak melakukan pengrusakan terhadap hutan.
loading...
>


artikel berikutnya



0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog