loading...

MENANAM POHON DAN MANFAATNYA



MENANAM POHON DAN MANFAATNYA
Budayakan menanam pohon dari dini

Aktifitas menanam pohon merupakan kegiatan yang saat ini mulai ditinggalkan oleh generasi muda. Mereka lebih tertarik untuk terjun ke bidang industri dari pada mengembangkan kreatifitas dalam bidang pertanian.

Jika mengingat lagi dua puluh tahun yang lalu, Indonesia masih mempunyai hasil yang mampu diandalkan dari sektor pertanian, misalnya: cengkeh dan tembakau. Namun saat ini hasil dari sektor pertanian sudah tidak ada lagi yang mampu diandalkan. Jika kondisi saat ini saja sudah seperti itu, bagaimana dengan dua puluh tahun yang akan datang? Bisa saja Indonesia negara agraris yang memenuhi kebutuhan pertaniannya dengan mengimpor!. Mengingat hal tersebut, penulis mengajak pembaca untuk melestarikan menanam pohon. Menanam pohon sebenarnya banyak manfaat positif yang didapat, yang diantaranya adalah:

1. Rasa Tentram dan Bahagia. Saat ini mulai menjamur tempat wisata yang menawarkan dengan konsep alam, hal tersebut tidak terlepas dari rasa suntuk yang dialami oleh penduduk perkotaan karena aktifitas pekerjaan. Maka pada saat mereka berlibur, pilihan yang diambil adalah tempat wisata dengan konsep alam. Dan bagi yang telah terbiasa dengan mengisi liburan dengan berwisata sambil menanam pohon, rasanya jauh lebih menentramkan dan membahagiakan jiwa. Namun sayangnya hal tersebut masih sedikit yang melakukannya.

2. Kembali ke Alam. Dengan menanam pohon setidaknya kita dibawa kembali ke dunia alam yang sebenarnya merupakan dunia yang telah ditinggalkan karena kesibukan jaman modern ini. Konsep alam merupakan sesuatu yang akan menjadi booming dimasa yang akan datang, dan bagi yang telah terbiasa maka akan menuai hasilnya pada suatu saat nanti. Misalnya: Tanaman hias Anthurium awalnya harganya murah, namun tiba-tiba membuat petani menjadi milyader. Walaupun saat ini harga telah kembali lagi ke harga awal, namun setidaknya ada sisi keuntungan yang akan didapat dari hasil menanam.

3. Berpartisipasi mencegah pemanasan global. Pemanasan global merupakan ancaman bagi semua negara. termasuk Indonesia, dan celakanya adalah jika terjadi kenaikan permukaan laut maka Indonesia akan diurutan pertama untuk tenggelam. Maka untuk mencegah hal tersebut, menanam pohonlah solusinya. Apapun bentuk pohonnya, lakukanlah! Pohon perindang jauh lebih baik karena mampu meredam panas yang lebih banyak.

4. Mencegah banjir dan longsor. Adanya banjir dan longsor sudah pasti karena tanah yang tandus karena pohonnya ditebang. Penanaman pohon kembali merupakan syarat mutlak untuk mencegah musibah tersebut.

5. Menjaga sumber air bersih. Air yang paling bersih dan mengandung mineral yang tinggi hanya didapat pada daerah yang kaya akan tanaman. Kondisi berkurangnya tanaman akan mengakibatkan berkurang pula air bersih. Saat ini saja air bersih sudah sama dengan harga bahan bakar, bagaimana dengan waktu akan datang? Pasti akan lebih mahal lagi! Negara Singapura telah merasakan sulitnya akan air bersih, sampai-sampai impor dari negara tetangga.

Itulah beberapa alasan dari penulis untuk mengajak pembaca mulai membudidayakan menanam pohon. Semoga dapat diterima dengan baik.
Ditulis oleh Ilmuflora.
loading...
>


artikel berikutnya



1 comments:

Green Warrior Indonesia mengatakan...

Setuju gan, mari wujudkan secara nyata, sekarang semakin menarik karena ada gerakan penananaman pohon yg memberikan keuntungan ekonomi baik dalam penanaman maupun kampanyenya. Cari tahu caranya di : http://wwww.greenwarriorindonesia.com

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog