loading...

BAHAN UNTUK MEMBUAT PUPUK ORGANIK



BAHAN UNTUK MEMBUAT PUPUK ORGANIK

Bahan Pembuat Pupuk Organik. Tanaman buah atau sayuran tentu memerlukan pupuk untuk tumbuh subur. Pupuk adalah bahan yang bisa dicampurkan atau ditambahkan ke tanah agar dapat memperbaiki sifat fisis, sifat kimia, dan sifat biologi tanah. 

Ada pupuk organik dan ada juga pupuk anorganik, pupuk organik adalah pupuk yang alami berasal dari alam sedangkan pupuk anorganik adalah pupuk buatan pabrik. Kali ini kita akan membahas tentang pupuk organik saja karena sangat mudah cara membuatnya dan bahan-bahannya pun sangat mudah kita dapatkan. Nah bahan apa saja yang dapat kita manfaatkan menjadi pupuk organik?

Bahan Pupuk Organik Berikut ini adalah bahan sekitar kita yang dapat kita manfaatkan menjadi pupuk organik. 

  • 1. Air Teh Bila anda mempunyai seduhan teh yang sudah basi, jangan dibuang. Manfaatkan saja menjadi pupuk penyubur tanaman. Cukup siramkan air teh ke akar tanaman yang ingin anda beri pupuk. 
  • 2. Ampas Kopi Ampas kopi pun bisa kita manfaatkan menjadi pupuk organik. Anda bisa menaburkan ampas kopi disekitar akar tanaman. Ampas kopi kaya kandungan Nitrogen, Fosfor dan Potasium (NPK) yang sangat baik untuk kesuburan tanaman. 
  • 3. Air Bekas Cuci Beras Anda sering membuang air cuci beras? Mulai sekarang manfaatkan untuk pupuk yuk. Cukup siramkan pada tanah/perakaran tanaman dan jangan menyiramkan pada daun. Air bekas cucian beras mengandung vitamin B1 yang baik dan berperan dalam mengubah kerbohidrat menjadi energi dalam tanaman. 
  • 4. Kulit Telur Meski anda makan telur, anda tentu tidak akan mekan kulit telur kan. Kulit telur dapat diolah menjadi pupuk organik. Hancurkan kulit telur dan taburkan disekeliling tanaman. Kulit telur mengandung kalsium yang dapat menguatkan batang tanaman. 
  • 5. Daun Halaman rumah anda kotor karena daun yang berserakan? Itu bukan musibah, tapi berkah! Kumpulkan saja sampah dedaunan tersebut dan timbun dalam tanah. Itu akan menjadikannya pupuk organik kompos. 
  • 6. Kotoran Ternak Ini dia berkahnya memelihara ternak, kotorannya bisa diolah menjadi pupuk. 

Cukup tanam saja ditanah, tak berapa lama tanah tersebut akan subur untuk ditanami. Jangan menanam dengan diberi kotoran ternak yang masih baru, kotoran ternak memerlukan waktu untuk menjadi pupuk kandang. Nah, itulah beberapa tips memanfaatkan bahan-bahan disekitar kita untuk dijadikan pupuk organik. Ternyata hampir setiap bahan-bahan didapur dan sekitar kita itu sangat bisa dijadikan pupuk organik. Pupuk organik bisa dipakai untuk menanam bermacam-macam tanaman ditanah halaman atau dengan cara tambulampot.
Sumber artikel ini disarikan dari http://klikpintar.com
loading...
>


artikel berikutnya



1 comments:

cara mengecilkan perut secara alami mengatakan...

selamat beraktivitas. . .mari kita awali aktivitas hari ini dengan menyimak informasi yang aktual di halaman yang sangat luar biasa ini !!!

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog