loading...

Ikan Mas Hias Koki Mata Balon





Mas koki mata balon (bubble-eye goldfish; bubble = balon, dan eye = mata) dikenal sebagai salah satu jenis mas koki yang cukup disukai di Indonesia. Mas koki mata balon lahir pertama kali di China dengan nama "shui pao yen".

Dari China si mata balon kemudian menyebar ke negara-negara lain. Mas koki mata balon memiliki ciri khas, yaitu terdapat gelembung di bawah pelupuk matanya. Gelembung terdiri dari kantung berisi cairan yang ukurannya terkadang tidak proporsional sehingga sering pecah dan rusak.





Kerusakan itu bukan hal serius karena beberapa minggu kemudian kantung akan pulih dan menggelembung seperti sedia kala. Bentuk tubuh mata balon terkadang tampak seperti ranchu (lionhead), namun lebih dekat ke bentuk tubuh mas koki jenis celestial (nirwana).





Punggung datar tanpa sirip, sirip ekor cukup panjang. Warna tubuhnya kuning atau oranye dengan sedikit pucat metalik. Tidak diketahui dengan jelas apakah mas koki mata balon merupakan hasil mutasi atau kawin silang. Diperkirakan mata balon lahir dari indukan mas koki celestial.
loading...
>


artikel berikutnya



0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog