loading...

Hidroponik: Minus Tanah, Panen Melimpah



Hidroponik: Minus Tanah, Panen Melimpah

Hobi berkebun tetapi memiliki lahan yang terbatas? Inilah salah satu solusinya agar hobi berkebun masih bisa dilakukan, yaitu bertanam dengan sistem hidroponik. Keuntungannya, tidak perlu berkotor-kotor dengan tanah tapi panen bisa lebih melimpah.

Metode yang menggunakan larutan mineral bernutrisi atau bahan lainnya yang mengandung unsur hara seperti sabut kelapa, serat mineral, pasir, pecahan batu bata, serbuk kayu.Ada 2 jenis media tanam hidroponik yang dapat digunakan yaitu media tanam padat maupun cair dan media tanam organik maupun anorganik.

Untuk jenis tanaman yang cocok ditanam pada media tanam hidroponik adalah golongan tanaman hortikulutura meliputi: tanaman sayur, tanaman buah, tanaman hias, dan tanaman obat-obatan. Hampir semua tanaman sebenarnya bisa dibudidayakan dengan sistem hidroponik mulai dari bunga, sayur-sayuran, buah-buahan serta umbi-umbian.

Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan apabila bertanam dengan sistem hidroponik antara lain :Ramah Lingkungan karena tidak menggunakan pestisida atau obat hama.Tidak merusak tanah karena tidak menggunakan media tanah serta tak perlu lahan yang luas.Dapat ditanam kapan saja karena tidak mengenal musim.

Dapat ditanam dimana saja mulai dari garasi, atap ataupun lahan sempit yang kosong.Lingkungan tetap bersih.Menghemat pemakaian pupuk.Hasil tanaman bisa dimakan secara keseluruah karena bebas kotoran dan hama.

Tidak perlu menyiram air setiap hari.Pertumbuhan tanaman pun lebih cepat dan kualitasnya tak kalah baik.Tidak ada masalah hama dan penyakit tanaman yang ditimbulkan bakteri.Jadi segera manfaatkan lahan sempit yang anda miliki untuk tanaman hidroponik, selamat mencoba!
loading...
>


artikel berikutnya



0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog