loading...

Sugar Glider si mini yang semakin populer



Bicara mengenai hewan peliharaan termasuk jenis jenis burung berkicau tidak ada salahnya kali ini kita akan sedikit melenceng dari yang biasanya membahas burung kicauan tapi untuk kali ini kita akan membahas perawatan binatang peliharaan yang paling populer tahun ini yaitu sugar glider (SG). kepopuleran hewan ini disebabkan karena tubuhnya yang kecil, cepat jinak dan terlihat imut dan lucu sehingga digemari oleh banyak kalangan pecinta dan penyayang binatang. 


Sugar Glider atau Petaurus brevicep adalah hewan yang mirip tupai terbang yang habitat aslinya ada di belantara hutan Papua Nugini, Papua, Tasmania dan Australia dan lebih sering ditemukan di hutan hutan eucalyptss. sugar glider ini memiliki tubuh mirip tupai dengan ekornya yang panjang yang bisa dipakai untuk bergelantung di dahan dahan pohon atau memegang. ukuran tubuh jantan lebih besar dari betinanya. selain ekor panjang dan ukuran tubuhnya yang kecil slide glider ini mampu meluncur hingga jarak 50 - 150 meter dengan mengembangkan membran/patagium yang memanjang dari masing masing jari kakinya hingga menyerupai tupai terbang. keunikan lainnya adalah sugar glider bisa dimasukan dalam kantong / kaos kaki sebagaimana hewan ini bersembunyi. 

berikut ini adalah bagaimana rawatan sugar glider jika ada diantara kicau mania tertarik untuk memeliharanya : 




Untuk kandang bisa menggunakan kandang Lovebird atau kandang khusus hamster yang lebar dan tinggi yang didalamnya dipasang potongan dahan pohon yang digantung vertikal atau miring, karena hewan ini senang memanjat dan melompat, semakin besar atau tinggi kandangnya semakin bagus tentunya dengan jarak jeruji yang rapat agar hewan ini tidak mudah kabur menyelinap melalui jerujinya. sediakan juga kotak sarang untuk sugar glider bersembunyi bisa menggunakan glodok kecil, pipa paralon dsb. juga kandang bisa dilengkapi juga dengan wheel untuk mainannya.


Hewan ini termasuk hewan omnivora jadi pemberian buah buahan dan serangga adalah menu utamanya setiap hari, buah buahan bisa berupa pisang, apel, pear, pepaya dan juga umbi umbian seperit bengkuangm wortel rebus dan ubi rebus. sebaiknya hindari pemberian buah seperti alpukat, jeruk dan bawang bawangan karena bisa membahayakan kesehatannya. Untuk serangga yang merupakan makanan tambahannya ( EF ) bisa diberikan jangkrik dan ulat. menu makanan ini sebaiknya diselang seling setiap harinya karena sugar glider ini tergolong hewan yang pilih pilih makanannya. 


Menjaga kebersihan kandangnya adalah syarat mutlak agar hewan ini selalu sehat, lincah dan tidak terlihat kusam. selain itu dengan membersihkan setiap hari kita juga tidak akan mendapatkan bau yang tidak sedap dari kotorannya. 

Tertarik memeliharanya ? 

[ariesmunandi]
loading...
>
Loading...


artikel berikutnya



1 comments:

kicau senja mengatakan...

Makanan tambahan alternatif untuk sugar glider. Sebagai alternatif pengganti jangkrik dan ulat hidup. Praktis, lebih higienis dan telah teruji kandungan nutrisinya. Klik link di bawah ini utk detailnya

Makanan tambahan alternatif untuk sugar glider

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails
Loading...
Loading...
 
Copyright © Tips Petani | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog