loading...

TIPS MEMBELI DAN MEMELIHARA ANJING


Pastikan kita siap memelihara dgn segala resikonya Memang puppy itu semua keliatannya lucu, kalo gw liat di petshop2, kayanya semua anak anjing menatap dengan tatapan yang bikin pengen orang mlihara…..Tapi baru hari ke 1-3 aja uda bikin sebel, anjing yang baru kita beli (biasanya 1,5 – 2,5 bulan) itu masih terbiasa kumpul bareng adik kk nya, ato temen2 anjing yang lain.. jadi begitu kita ambil (kita pisahin dari yang lain), puppy pasti ribut… begitu ditinggal… belom lagi BAB n pipis dimana aja (biasanya msi mencret)

Siapkan kandang sebelom anjing dateng lengkap dengan tempat minum, tempat makan (disesuaikan utk anjing gede ato kecil). Yang pasti jgn keangin-angin, jangan keujanan, jgn kepanasan, ksi lampu bohlam (10 watt). bohlam jgn terlalu deket ma anjing (biasanya si dijilat, pug gw suka jilatin sampe lidahnya berasep) n kabelnya jgn sampe bisa kegigit….. ntar nyetrum..

Ksi tau lah orang rumah, jgn mendadak beli n bokap nyokap gak suka, gak lama dibuang tuh anjing. soalnya hari ke 1 – 3 biasanya menyebalkan (kita jg malemnya sering ke bangun buat nemenin, supaya gak ribut)

WAKTU BELI ANJING
Pilih jenis anjing yang sesuai (anjing jaga, anjing sahabat, toy dog, dll) sebelom ke penjual anjing… jadi gak bingung cari2 disana.. soalnya smua anak anjing itu dipastikan lucu..

Waktu beli ke tukang anjing, liat2 dulu sekeliling, kalo uda ada anjing yang disukai jgn menunjukan muka suka… pedagang anjing itu bakal ksi harga gila2an kalo kita kaya anak kecil pengen mainan… jadi bisa-bisanya kita untuk jgn nunjukin kalo kita suka bgt sama anjing itu, n tawar (kalo di rajiman bisa setengahnya)

Pilih anjing yang berkualitas n sehat
anjing yang ras, pastiin punya stambum, n ada tato nya..
biasanya si orang pilih anjing yang kakinya besar, kepala besar, bentuk proporsional, kuping sesuai dgn kodratnya (golden kupingnya turun kebawah, doberman kupingnya ke atas) hehehe… tiap-tiap anjing mungkin punya standar kualitas yang berbeda-beda. bisa dilihat di web-web yang ada.
anjing punya beberapa karakter… ada yang agresif, ada yang pemales (walaupun jenis sama) anjing gw golden ret, dulu punya yang agresif bgt.. pusing gw ngurusnya cape bgt, yang sekarang dia sedeng2 aja.. di ksitau mau nurut, gak gigit… senang deh….
jadi pilih jgn yang pemales, jgn jg yang agresif bgt (buat anjing gede berat ngurusnya, tenaganya gede bgt loh)

Anjing sehat bisa diliat dari matanya (jgn belekan), biasanya anjing belekan itu cacingan, dr dokter hewan nih), trus pilih yang idung nya basah tp jgn yang pilek (kalo demam anjing biasanya kering idungnya), pilih yang telapak kakinya gak kasar, lembab. trus cukup lincah, mau diajak main.

SETELAH DIBELI
Pastikan kita menyiapkan kotak buat bawa anjing itu, kalo kecil bisa dipeluk aja, ato bisa minta kardus ke orang yang jual, yang pasti pastikan puppy nyaman, kalo pake kardus ya ksi lobang buat napasnya….

Begitu sampe rumah langsung keluarin anjing n ksi minum (anjing itu cepet bgt haus….)
Jangan kaget kalo anjingnya dieeeeeemmmmm terusss ato bobooo terussss

Anjing kecil yang dibawa-bawa bakal kecapean dijalan n otomatis lemes begitu sampe rumah (tergantung jarak jg sih)

Diemin dulu, biarkan istirahat, biasanya krna ada anjing baru dirumah, smua orang pengen liat n ajak main, pegang-pegang, lempar-lempar dll…. ksian loh.. inget point 3.
Kalo uda normal smua, ajarin dia BAB n pipis ditempatnya… banyak tips n tricknya.. mungkin jadi 1 thread lg.. yang gampangnya tiap dia ee ato pipis, ambil pake koran sedikit, pindahin ke tempat yang seharusnya, trus tempat pipis ato ee yang sebelomnya di bersihin yang sebersih-bersihnya.. supaya anjing gak cium2 n pipis disitu lagi… anjing jantan lebih nakal biasanya…
Kalo ada anjing lain disitu, biasanya anjing yang baru ato anjing yang lama jadi ee/pipis sembarangan, itu krna mreka belom kenal n menandai daerah kekuasaan
Pastikan divaksin 1.5 bulan (parvo) supaya gak mencret2 rp.40-50rb
- 2 bulan (parvo)
- 3 bulan (komplit: distemper, rabies, etc.) rp.110-150rb
- 1 tahun 3 bulan (komplit) diulang tiap taun

kalo anjing kita anjing kampung, cukup vaksin pertama n kedua aja…
anjing bawaan indonesia lebih kuat loh…. hehehehe uda biasa ngisep polusi n virus2 disini…
Waktu umur 1.5 – 3 bulan ksi mam dog food yang di lembekin pake air….
Jangan di ksi susu (buatan) kalo si penjualnya gak ksi dia susu sebelomnya, kalo penjualnya uda ksi susu (buatan), ksi susu dengan merk yang sama (soalnya susu bisa bikin mencret kalo gak kuat)
Jgn dimandiin sampe 3 bulanan, di lap-lap aja…
Jgn diajak jalan2 sebelom vaksin ke 3 komplit. biasanya anjing diajak jalan2 kalo ketemu anjing lain suka ngendus2.. (banyak sekali virus di lingkungan kita)
Jangan lupa kasi anjing kalsium, anjing ras ato anjing kampung tetep perlu kalsium utk pertumbuhan gigi n tulang… bisa beli yang buat orang jg, tp konsultasi dulu ke dokter hewan(waktu vaksin anjing pake kesempatan buat tanya sebanyak2nya)
http://www.reptilx.com/
Semoga membantu..
loading...

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

0 Response to "TIPS MEMBELI DAN MEMELIHARA ANJING"

Posting Komentar

mgid.com, 5531410, DIRECT mgid.com, 5617844, DIRECT mgid.com, 5617845, DIRECT