loading...

10 Jenis Tanaman Rambat


PETREA VOLUBILIS. Berasal dari Amerika Selatan. Mampu tetap berbunga lebat meskipun tumbuh di tempat yang ternaung. Menginginkan kisaran suhu 25 - 35°C. Cocok diaplikasikan sebagai tanaman peneduh maupun tanaman merambat di alas pergola. Bunga begerombol dalam tandan. Tiap tandan panjangnya 30 - 40 cm, berisi ratusan bunga.

ANTIGONON LEPTOPUS

ANTIGONON LEPTOPUS. Tanaman ini berasal dari Meksiko. Pertumbuhannya sangat cepat. Menghendaki tempat penanaman yang terkena sinar matahari secara penuh. Media tanam yang diinginkan berupa campuran tanah, sekam kompos, dan sekam bakar. Perbandinganya 2 : 1 : 1. Kisaran suhu yang diinginkan yaitu 21 - 32°C. Dapat diperbanyak melalui stek maupun secara generatif dengan biji.

STROPHANTHUS GRATUS

STROPHANTHUS GRATUS. Sering juga dijuluki sebagai oleander merambat. Tanaman ini bergetah, memiliki bunga bergerombol dalom 1 tangkai. Suhuudara yang diinginkan berkisar antara 16- 31 °C. Jenis ini tahan naungan dan tahan terpapar matahari. Rajin berbunga dan dapat diperhanyak dengan stek batang maupun stek pucuk. Cocok diaplikasikan sebagai tanaman peneduh dan pager maupun

QUISQUALIS INDICA

QUISQUALIS INDICA. Sering juga disebut sebagai tanaman ceguk. Bunganya unik. Warnanya dapat berubah-uhah. Bunga muda berwarna putih. Seiring dengan bertambahnya usia, warnanya akan berubah menjadi merah jambu, hingga akhirnya menjadi merah tua. Tumbuh subur di dataran tinggi maupun dataran rendah. Menghendaki tempat tubuh yang lembap. Kisaran temperatur yang diinginkan 28 - 322C.
ALAMANDA COKELAT. Kalau kebanyakan Alamanda berbunga kuning, Allamanda cathartica ini berbunga cokelat. Berasal dari amerika Selatan dan India Barat. Tergolong jenis tanaman bergetah. Alamanda cokelat ruin berbunga dan tahan terkena sinar pun berada di bawah naungan. Depat diperbanyak melalui stek batang, cangkok maupun dengan biji. Cocok diaplikasikan sebagai tanaman peneduh.

A SOLANDRA GRANDIFLORA


A SOLANDRA GRANDIFLORA. Ukuran bunganya sebesar kepalan tongue orang dewasa. Tanaman ini butuh tempat terbuka yang banyak terkeno sinar matahari. Solandra grandiflora mampu tumbuh di atas tanah lint maupun berposir. Nanyo solo is menghendaki kondisi media tnnam yang selalu lembap.

FLAME OF IRIAN

FLAME OF IRIAN. Termasuk dalam keluarga Leguminoceae atau tanaman kacang-kacangan. Tumbuh subur dan berbunga di ketinggian lebih dari 300 m. Suhu harian rata-rata yang diinginkan berkisar antara 24 - 25°C. Cocok digunakan sebagai tanaman penutup pagar dan pergola.

THUNBERGIA MYSORENSIS


THUNBERGIA MYSORENSIS. Berasal dari Amerika Tengah. Sekerabat dengan terung, tomat don cabai. Subur dan berbunga lebat di dataran tinggi dan berhawa sejuk. Cocok untuk peneduh di teras rumah. Menyukai media berhumus dan lembap. Diperbanyak dengan stek dan biji.

MALAITHONG.


MALAITHONG. Tandan bunganya bisa mencapai ukuran panjang 80cm. Dipenuhi ratusan bungs berwarna kuning. Tendon tumbuh si setiap pucuk. Semakin banyak pucuk, kion banyak tendon yang dimiliki.

IPOMEA BRAVIENSIS


IPOMEA BRAVIENSIS. Sekerabat dengon ubi rambat. Cocok diaplikasikan sebagai tanaman pagar. Tahan noungan don tetop rajin berbungo di tempat teduh. Tumbuh subur di dataran rendah. Menyukai kisaran Suhu 29 - 32°C.

Jadwal Perawatan
1. Pemangkasan 2 - 4 minggu sekali. Terutama pads waktu musim hujan
2. Pemupukan 2 - 3 bulan sekali dengan NPK berkandungan P tinggi.
3. Penyemprotan pestisida. Sebulan sekali. Terutama pads musim penghujan untuk yang berbunga wangi. Semisal Quisqualis indica.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

Loading...

1 Response to "10 Jenis Tanaman Rambat"

mgid.com, 5531410, DIRECT mgid.com, 5617844, DIRECT mgid.com, 5617845, DIRECT